Hujan dan Petir Bisa Bikin Sinyal Hilang?

Hujan dan Petir Bisa Bikin Sinyal Hilang?
Bagaimana hujan bisa mempengaruhi sinyal di gawai? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Hilangnya sinyal saat hujan sering membuat kita menyalahkan pengaruh cucaca. Namun benarkah hujan memang bisa bikin sinyal hilang? Yuk, simak fakta sebenarnya!

Inibaru.id - Kamu pasti pernah mendengar keluhan sejumlah orang yang mengaku kehilangan sinyal pada gawainya saat hujan. Apalagi jika hujan juga disertai petir atau angin kencang. Sebenarnya, apakah benar hujan dan petir bisa bikin sinyal hilang?

Sebagian orang menganggap cuaca buruk layaknya saat hujan atau petir bisa memengaruhi gelombang elektromagnetik atau sinyal. Apalagi jika sampai terjadi pemadaman. Otomatis deh sinyal di gawai akan langsung lenyap begitu saja. 

Jadi begini, Millens. Pada dasarnya, sinyal yang diterima oleh gawai kamu itu memancar dari menara pemancar atau yang dikenal dengan sebutan BTS (Base Transceiver Station). Jadi, seberapa kuat kemampuan sinyal, ya tergantung pada pancaran dari BTS itu.

Sinyal itu sifatnya saling mengisi. Kalau sinyal gawai kuat ya koneksi internet ikutan cepat. Kalau sinyal gawai jelek, ya otomatis kamu nggak bisa dengan lancar berselancar di internet, deh.

Nah, terkait apakah hujan mempengaruhi sinyal, jawabannya ternyata memang benar lo, Millens. Air hujan yang jatuh dari langit bisa menabrak gelombang sinyal yang dipancarkan oleh BTS. Praktis, hal ini bikin arah jalan gelombang sinyal jadi menyebar dan nggak menentu.

Semakin deras hujan dan angin maka sinyal akan semakin susah. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Semakin deras hujan dan angin maka sinyal akan semakin susah. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Hasilnya, gelombang sinyal itu nggak akan mencapai gawai dengan cepat. Bahkan, ada juga yang menyebut uap air bisa menyerap distribusi sinyal yang memancar dari BTS ke gawai.

Maka dari itu juga, jika hujan semakin deras atau bahkan disertai dengan angin kencang, sinyal akan makin melemah karena perjalanan sinyal terhambat derasnya air dan tertiup angin. Bahkan, kalau angin yang berembus sangat kuat, bisa saja menggeser antena pemancar BTS. Dampaknya, penyebaran sinyal juga makin terganggu deh.

Petir Juga Bikin Sinyal Hilang?

Nggak hanya hujan besar, petir juga bisa mempengaruhi kondisi sinyal di gawai kamu, lo, Millens. Kamu akan kesulitan membuka internet, melakukan panggilan, atau bahkan berkirim pesan.

Menurut pakar telematika dari ITB Agung Haryoso, hal ini disebabkan oleh menara BTS yang terbuat dari bahan logam. Keberadaan logam ini membuatnya rentan tersambar petir. Apalagi jika penangkal petir pada menara tersebut nggak berfungsi dengan baik.

"Jika BTS kena petir, akan menyebabkan gangguan komunikasi. Hanya, kalau nggak ada kontak langsung, kemungkinan hanya gangguan sesaat karena BTS akan meng-generate gelombang elektromagnetik sehingga sinyal jadi normal kembali," ucapnya pada Kamis (14/4/16).

Nah, jadi itu penjelasan kenapa sinyal kita melambat atau bahkan hilang saat hujan, Millens. Harap sabar ya kalau kamu mengalaminya. (Ind/IB28/E07)