Hormati Warga Muslim, Umat Konghucu Ramaikan Ramadan dengan Bagi Takjil

Hormati Warga Muslim, Umat Konghucu Ramaikan Ramadan dengan Bagi Takjil
Seorang jemaat klenteng sedang menghadang pengguna jalan untuk memberikan takjil. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Banyak kebaikan yang bisa dilakukan di bulan Ramadan. Salah satunya dengan gerakan berbagi takjil yang lazim dilakukan oleh siapa saja. Nggak terkecuali dengan umat Klenteng Ling Hok Bio yang turut meramaikan Ramadan dengan membagikan takjil gratis.

Inibaru.id - Gerakan berbagi takjil di bulan Ramadan sudah biasa untuk dilakukan ya, Millens! Dari komunitas sampai warga biasa turut meramaikan Ramadan dengan menebarkan kebaikan. Sama halnya dengan yang dilakukan oleh umat Klenteng Ling Hok Bio yang terletak di Gang Pinggir, Purwodinatan ini. Ada sekira 200 paket takjil yang dibagikan menjelang waktu berbuka puasa. Agung Kurniawan, umat klenteng yang ikut membagikan takjil ini mengaku hal ini dilakukan untuk menghormati umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa. Salut!

Menurutnya, hal serupa sudah dilakukan sejak dua tahun belakangan. “Dua tahun sebelumnya juga bagi takjil, tapi hanya sekali saja di bulan Ramadan,” kenang Agung. Kali ini, dia dan umat klenteng lainnya menggelar bagi takjil selama enam hari. “Kita bagikan Senin sampai Rabu tanggal 20-22 dan 27-29 Mei,” tuturnya.

Suasana pembagian takjil kepada pengguna jalan. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Dalam pembagian takjil ini, dia dan umat klenteng yang lain juga menggunakan wayang potehi. Selain berbuat kebaikan, mereka juga punya misi untuk memperkenalkan wayang potehi pekada masyarakat. Banyak pengguna jalan yang berhenti untuk mendapatkan takjil dan mengamati wayang mungil yang satu ini.

Menurut Agung yang dua hari sebelumnya sudah membagikan takjil, kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. “Banyak yang suka,” kata Agung semringah. Nggak heran, ratusan takjil yang disiapkan ludes dalam waktu 10 menit saja sampai ada yang nggak kebagian lo. Wah inspiratif banget bukan? Semoga semangat kebaikan dan toleransi seperti ini senantiasa bisa terjaga ya, Millens! (Zulfa Anisah/E05)