Nggak Perlu LDR Lagi, Undip-Unnes Segera Terhubung Jalan

Nggak Perlu <em>LDR</em> Lagi, Undip-Unnes Segera Terhubung Jalan
Undip-Unnes akan lebih dekat. (Jelajah Semarang)

Selama ini, Universitas Diponegoro yang berada di Tembalang dan Universitas Negeri Semarang yang ada di Gunungpati nggak memiliki jalna penghubung langsung. Kini, Pemerintah Kota Semarang berencana akan membangun jalan tembus di antara keduanya. Wah, bakal jadi makin dekat nih!

Inibaru.id - Banyak orang yang mengeluhkan tiadanya jalur yang menghubungkan langsung antara Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Warga harus memutar cukup jauh bila hendak menuju Unnes dari Undip, begitu pun sebaliknya. Kini, Pemerintah Kota Semarang berencana membangun jalan tembus di antara kedua kampus ternama di ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Memang sih ada sebagian orang yang mengetahui jalan pintas yang lebih dekat yakni melewati Kelurahan Srondol hingga Kelurahan Sekaran. Namun, jalur ini dianggap masih kurang mumpuni karena jalannya yang sempit dan medannya yang terjal.

Dilansir dari laman Tribun Jateng, Selasa (9/4/2019) menulis, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi baru saja mengungkap rencana pembangunan akses jalan yang akan menghubungkan Undip dan Unnes melalui akun Instagram pribadinya @hendrarprihadi pada Selasa (9/4). Unggahan ini berupa video animasi berbentuk maket.

Dalam video itu, terlihat jelas ada sebuah jalur lintas dengan sistem simpang susun yang ada di atas Jalan Setiabudi, Banyumanik, tepatnya di dekat terminal bayangan Sukun.

Lelaki yang akrab disapa Hendi itu menyebut proses pembangunan jalan ini masih dalam tahap pemantapan realisasi rencana pembangunan. Dia menargetkan tahun depan sudah bisa menjalankan pembebasan lahan. Nggak hanya jalan raya, Hendi juga menyebut jalan ini akan menjadi jalur hijau karena akan memiliki banyak ruang tanam.

Selain itu, dengan bercanda Hendi juga menyebut akses jalan ini akan membuat mereka yang menjalani long distance relationship (LDR) di antara Undip dan Unnes akan lebih mudah untuk dipertemukan.

“Yang Undip-Unnes berasa LDR, semoga pas jalur ini sudah jadi masih bertahan,” candanya.

Mulai Dibangun pada 2021

Izwar Aminudin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang menyebut kajian pembangunan jalan Undip-Unnes ini sudah selesai.

“Sekarang sedang dalam proses persiapan pembebasan lahan. Tahun ini akan mulai dicicil. Kalau soal pembangunan sepertinya pada tahun 2021,” ungkap Izwar.

Soal rute, Izwar menyebut jalurnya berasal dari Srondol, Kecamatan Banyumanik dan berakhir di Sekaran, Kecamatan Gunungpati.

“Awalnya dari Jalan Durian Raya, Banyumanik, nanti lewat Simpang Srondol dan berakhir di Sekaran,” jelasnya.

Wah, jarak Undip dan Unnes bakal jadi lebih dekat nih, Millens! (IB09/E04)