Honjok, Tren Memilih Hidup Sendiri yang Ngetren di Kalangan Muda Korea Selatan

Honjok, Tren Memilih Hidup Sendiri yang Ngetren di Kalangan Muda Korea Selatan
Menjadi honjok, hidup sendirian dan nggak menikah kini populer di kalangan anak muda Korea Selatan. (Flickr/ Huiju Sin)

Beda dengan drama Korea yang sering menyuguhkan cerita romantis antar pasangan, tren menjadi Honjok atau orang yang hidup sendirian saja semakin populer di kalangan pemuda Korea. Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Suka melihat drama Korea, Millens? Kamu pasti sering disuguhi cerita-cerita romantis dalam drama tersebut. Hanya, ternyata kisah romantis ini nggak selalu benar, lo. Realitanya, banyak anak muda Korea yang memilih untuk hidup sendiri. Mereka menyebut orang-orang yang melakukan hal ini sebagai Honjok. Seperti apa ya?

Ada banyak alasan mengapa banyak anak muda Korea memilih untuk menjadi Honjok. Hanya, seringkali mereka sudah putus asa dan merasa masa depannya bakal suram. Di sana, banyak anak muda yang jadi pengangguran atau bekerja keras dengan gaji yang rendah.

Masalahnya, kebanyakan lapangan kerja ada di kota besar yang memiliki biaya hidup yang sangat tinggi. Mereka khawatir jika sampai menikah atau memiliki keturunan, akan tidak mampu membiayainya. Banyak anak muda yang juga menganggap pernikahan membuat mereka nggak bisa lagi menikmati hidup sendiri. Alhasil, mereka memilih untuk menunda pernikahan atau bahkan melajang saja selamanya.

Pilihan untuk menjadi Honjok semakin populer di kalangan anak muda. Alhasil, banyak pelaku bisnis, khususnya kuliner yang menyediakan tempat bagi mereka. Nama fasilitasnya adalah Honbap yang artinya adalah makan sendirian atau Honsul yang artinya adalah minum sendirian.

Di banyak tempat makan, disediakan fasilitas bagi mereka yang terbiasa makan dan minum sendirian saja. (Flickr/

Huiju Sin)
Di banyak tempat makan, disediakan fasilitas bagi mereka yang terbiasa makan dan minum sendirian saja. (Flickr/ Huiju Sin)

Fasilitas-fasilitas ini bisa membuat para Honjok ini nggak lagi canggung untuk makan atau minum sendirian tanpa dilihat oleh orang lain. Selain itu, Honbap dan Honsul dianggap bisa mempersingkat waktu sekaligus menekan pengeluaran karena hanya makan sendirian tanpa perlu diselingi dengan obrolan ke orang lain.

Menariknya, di Korea Selatan juga sedang nge-tren single wedding, sesi foto seperti pre-wedding namun dilakukan sendirian. Para Honjok memanfaatkannya demi mendapatkan sensasi memiliki foto dengan jas atau gaun pernikahan namun sendirian. Bagi mereka, hal ini sudah cukup seperti merasakan sensasi hari pernikahan.

Acara-acara televisi di sana juga mulai banyak yang menyuguhkan kisah-kisah atau tips untuk hidup sendirian. Alhasil, tren menjadi Honjok pun semakin populer.

Kalau kamu sendiri, lebih suka jadi Honjok atau tetap menganggap memiliki pasangan dan membangun keluarga itu penting, Millens? (Ind/IB09/E05)