Hingga Hari Kedua Asian Games 2018, Tiga Atlet Asal Jawa Tengah Sabet Tiga Medali

Hingga Hari Kedua Asian Games 2018, Tiga Atlet Asal Jawa Tengah Sabet Tiga Medali
Ketiga atlet Jawa Tengah yang meraih medali dari nomor downhill. (Fornews.co)

Tiga atlet asal Jawa Tengah yakni Tiara Andini, Khoiful Mukhib, dan Nining Purwaningsih menyabet tiga medali. Tiara dan Khoif mempersembahkan emas untuk Indonesia, sedangkan Nining meraih perunggu.

Inibaru.id – Atlet balap sepeda gunung dari nomor downhill, Tiara Andini Prastika, Nining Purwaningsih, dan Khoiful Mukhib menambah jumlah medali kontingen Indonesia di Asian Games 2018. Ketiga atlet asal Jawa Tengah itu menyumbang dua medali emas dan satu perunggu saat bertanding di Subang, Jawa Barat, Senin (20/8/2018).

Kompas.com, Senin (20/8) menulis, ketiga atlet ini langsung ditelepon Presiden Joko Widodo sesaat setelah menang. Jokowi pengin menyampaikan ucapan selamatnya langsung kepada mereka.

“Selamat untuk semuanya yang ada di Subang, saya ikut senang,” ucap Jokowi melalui telepon.

Tiara Andini Prastika meraih medali emas dari nomor downhill putri setelah unggul 9 detik dari atlet Thailand Vipavee Deekaballes. Di peringkat ketiga adalah Nining Porwaningsih yang tertinggal 0,608 detik.

Sekitar setengah jam kemudian, Khoiful Mukhib menjadi yang tercepat setelah mencatat waktu 2 menit 16,687 detik. Dia unggul tipis dari peraih perak Shengshan Chiang dari Taiwan dan Suebsakun Sukhchanya dari Thailand yang puas di posisi ketiga.

Saat pertandingan, Tiara sebenarnya masih mengalami cedera pada jari telunjuk tangan kanan yang didapatkannya saat berlaga di Kejuaraan Asia 2017. Namun, dia masih bisa merebut medali emas.

“Kondisi cedera saya masih sama, cuma kini saya lebih baik dalam menjaga kondisinya. Kita juga lebih diuntungkan sebagai tuan rumah karena sudah hafal treknya,” ungkap perempuan kelahiran Semarang itu.

Tiara sudah menggeluti nomor downhill sejak 2012 lalu. Di usianya yang masih sangat muda, yakni 21 tahun, Tiara sudah mampu memberikan prestasi luar biasa berupa emas bagi Indonesia di Asian Games 2018. Saat ini, dia tergabung dalam tim Prima Patrol Mountain FJC Team.

Sementara itu, Nining dan Khoiful sama-sama berasal dari Jepara. Nining kini masih aktif menjadi mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui akun Instagram pribadinya turut memberikan selamat kepada ketiga pembalap sepeda ini. Dia merasa bangga karena tiga wakil Jawa Tengah bisa mengharumkan nama bangsa di ajang internasional.

Dua jempol untuk mereka bertiga. (IB09/E04)