Urai Kemacetan di Jembatan Tanggulangin, Polres Kudus Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Urai Kemacetan di Jembatan Tanggulangin, Polres Kudus Siapkan Rekayasa Lalu Lintas
Jembatan Kolonel Sunandar, Kudus. (M. Thoriq)

Mulai hari ini, Jembatan Kolonel Sunandar atau yang lebih dikenal dengan nama Jembatan Tanggulangin akan ditutup hingga enam bulan ke depan. Untuk mencegah terjadinya penumpukkan kendaraan, Polres Kudus telah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama penutupan ini.

Inibaru.id – Jembatan Kolonel Sunandar atau yang lebih dikenal dengan Jembatan Tanggulangin, Kudus bakal ditutup pada Jumat (14/9/2018) hingga enam bulan ke depan. Penutupan ini dilakukan demi memperlancar pembangunan jembatan baru di sebelahnya.

Dari dua jembatan, hanya satu jembatan yang akan ditutup yakni Jembatan Tanggulangin II. Selama ini, jembatan tersebut menjadi jalan utama kendaraan dari arah Surabaya menuju Semarang.

Penutupan jembatan ini berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polres Kudus sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lalu Lintas Polres Kudus Iptu Sucipto menuturkan Jembatan Tanggulangin I yang biasanya dibuka satu arah, kini bisa dilintasi kendaraan dari dua arah.

Antisipasi penumpukkan kendaraan juga dilakukan dengan pemasangan lampu lalu lintas di pertigaan Terminal Jati depan pos polisi. Sucipto menambahkan polisi akan memasang rambu peringatan supaya kendaraan melintasi jalur alternatif dari Pati ke Demak, yakni lewat Mayong atau Klambu–Godong.

Selain di depan Terminal Jati, Polres Kudus juga bakal memasang rambu-rambu peringatan di beberapa tempat. Lokasi-lokasi yang akan diberi rambu peringatan antara lain pertigaan Ngembal, Jekulo, dan Proliman Tanjung yang menuju ke arah Purwodadi, Grobogan.

“Tanda petunjuk arah dan peta akan dipasang di jalur alternatif. Selain itu, kami juga menyiagakan petugas polisi yang ada Pos Polisi di Pertigaan Terminal Jati Kudus selama 24 jam. Mereka akan memantau lokasi dan bertindak manakala terjadi kemacetan,” kata Sucipto seperti ditulis Detik.com, Kamis (13/9).

Di sisi lain, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Karangsawah dan Jembatan Kolonel Sunandar Alik Mustakim sebelum ini mengatakan pembangunan jembatan ditargetkan selesai pada Juni 2019. Hingga September 2018, proses pembangunan baru mencapai 23,5 persen dari target 24,5 persen.

Nah, bagi sobat Millens yang nggak mau terjebak macet di Jembatan Tanggulangin, kamu bisa lewat jalur alternatif tadi ya. (IB15/E04)