Hindari Hal ini Supaya Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Hindari Hal ini Supaya Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri
Hindari hal ini untuk berhenti menyalahkan diri sendiri. (I0.wp)

Menyalahkan diri sendiri menjadi hal yang lumrah dilakukan di masyarakat. Padahal, sikap itu bisa memicu terjadinya depresi, lo.

Inibaru.id – Saat gagal dalam mendapatkan sesuatu atau gagal dalam menghadapi masalah, orang cenderung menyalahkan diri sendiri. Sikap ini tentu saja nggak baik untuk kesehatan mentalmu. Kondisi yang sering disebut self blame ini bahkan termasuk dalam kekerasan emosional yang membuat seseorang nggak semangat dalam melakukan apapun.

Kalau kamu sering melakukannya, cobalah untuk meninggalkan kebiasaan itu mulai sekarang. Kebiasaan menyalahkn diri sendiri bisa hilang bila kamu juga menghindari penyebabnya sebagai berikut.

Pengaruh Masa Kecil

Salah satu alasan seseorang sering menyalahkan diri sendiri adalah karena pengaruh masa kecil. Pola asuh orang tua sangat berpengaruh dalam membentuk karakter anak, termasuk sifat mudah putus atas. Seseorang cenderung merasa nggak berharga karena saat kecil dia merasa kekurangan kasih sayang, dianggap nggak becus dalam melakukan berbagai hal, atau selalu dikritik. Hal ini berakibat seseorang memiliki suasana hati yang mudah sedih.

Para korban perundungan saat kecil juga cenderung mudah menyalahkan diri sendiri. Korban tersebut akan tumbuh menjadi sosok yang pesimis, rapuh, dan gampang sedih.

Menyimpan Semua Keluhan Sendirian

Gangguan mental seperti kecenderungan untuk selalu menyalahkan diri sendiri dapat disebabkan karena kurangnya tempat untuk berkeluh kesah. Kehadiran seseorang untuk menjadi pendengar atas semua masalah yang sedang dihadapi sangat diperlukan. Jadi, jangan memendam semuanya seorang diri, ya.

Sayangi Dirimu Mulai Sekarang

Mulai sekarang, cobalah untuk lebih mengenal dan menyayangi diri sendiri agar mengetahui nilai diri yang kamu miliki. Salah satu caranya yakni dengan mengenali tanggung jawabmu untuk mengetahui apa yang menjadi kewajibanmu, kemudian mempertanggungjawabkan apa yang telah diperbuat.

Kesalahan bukanlah sesuatu untuk dihina. Berlarut-larut dalam menyalahkan diri sendiri merupakan hal negatif yang perlu kamu hindari karena hanya akan membuatmu terpuruk dan terhambat dalam mencapai kesuksesan di masa depan. Jadi, move on dari sikap self blame ya, Millens. (IB24/E04)