Hindari Hal Ini Agar Wawancara Kerja Berjalan Lancar

Hindari Hal Ini Agar Wawancara Kerja Berjalan Lancar
Ilustrasi melakukan wawancara kerja. (Shutterstock)

Agar wawancara kerja berjalan dengan lancar dan kesempatanmu diterima lebih besar, ada beberapa hal yang perlu dihindari nih, Millens. Hm, apa saja ya?

Inibaru.id - Penampilan sudah rapi; latar belakang perusahaan sudah dipelajari; kalimat perkenalan diri pun sudah disiapkan; tapi hal itu belum menjaminmu lolos di perusahaan, lo. Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar wawancara berjalan dengan lancar nih.

Berikut hal-hal yang perlu kamu hindari supaya wawancara kerja berjalan lancar.

Datang Terlambat

Hindari datang terlambat pada wawancara kerja. (Gazette)

Peraturan pertama ini penting banget untuk kamu lakukan, Millens. Jangan sampai kamu datang terlambat saat wawancara kerja. Hal itu akan membuatmu dinilai sebagai pribadi yang nggak disiplin dan nggak menghargai waktu. Lebih baik datang ke lokasi wawancara minimal 30 menit dari waktu yang telah ditetapkan.

Menjelekkan Perusahaan Sebelumnya

Seburuk apapun perusahaan lama, kamu nggak boleh membongkarnya. (Thinkstock)

Bila kamu sudah punya pengalaman kerja, pewawancara mungkin saja menanyakan alasanmu berhenti dari perusahaan sebelumnya. Ingatlah, seburuk apapun perusahaan tempatmu bekerja sebelumnya, nggak etis jika kamu membongkar kejelekannya terutama di hadapan calon perusahaan barumu.

Hanya Menjawab “Ya” atau “Tidak”

Berilah penjelasan pada setiap jawabanmu. (Id.jobsdb)

Wawancara adalah proses untuk menunjukkan potensi yang kamu punya untuk bekerja di suatu perusahaan. Untuk meyakinkan pewawancara, kamu nggak dianjurkan menjawab pertanyaan hanya sekadar “ya” atau “tidak. Berilah alasan pendukung jawabanmu dengan berfokus pada pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang kamu miliki.

Terlihat Nggak Antusias

Terlihat nggak antusias akan mengurangi penilaian terhadapmu saat wawancara. (Thinkstock)

Perusahaan yang mengundangmu wawancara tentu pengin mengetahui seberapa  besar minatmu untuk bekerja di perusahaan itu. Datang terlambat, menunjukkan bahasa tubuh yang nggak semangat, dan menjawab pertanyaan wawancara dengan sekenanya merupakan beberapa contoh kamu nggak antusias dengan tawaran pekerjaan yang kamu dapat. Hm, bisa langsung dimasukkan daftar peserta yang ngak lolos, lo!

Menanyakan Gaji, Bonus, atau Cuti

Hindari bertanya tentang gaji, bonus, dan cuti. (Shutterstock)

Saat wawancara kerja, biasanya pewawancara akan memberimu kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Hindari mengajukan pertanyaan tentang gaji, bonus, hingga cuti yang akan kamu dapatkan pada kesempatan pertama wawancara. Lain halnya jika kamu sudah benar-benar diterima bekerja di perusahaan tersebut. Eits, tapi kamu boleh saja mengungkapkan berapa perkiraan gajimu bila ditanya pewawancara.

Agar wawancara berjalan dengan lancar dan kamu berhasil mendapatkan pekerjaan yang diidamkan, ingatlah untuk nggak melakukan hal-hal di atas ya, Millens. Ingatlah untuk selalu berlaku tenang dan profesional selama wawancara. Oke? (IB10/E04)