Hindari Hal-Hal Berikut Jika Nggak Mau Puasamu Sia-Sia

Hindari Hal-Hal Berikut Jika Nggak Mau Puasamu Sia-Sia
Malas-malasan saat puasa sebaiknya jangan dilakukan ya. (Shutterstock)

Ada hal-hal yang sebaiknya nggak kamu lakukan biar puasamu diterima Allah SWT. Nggak mau kan kalau cuma dapat lapar dan dahaga doang?

Inibaru.id – Puasa nggak hanya menahan makan dan minum ya, Millens. Kamu juga harus tetap  melakukan kegiatanmu seperti sediakala. Karena apa pun hal baik yang dilakukan orang berpuasa akan dihitung ibadah. Mantap kan? Tapi ibadah puasamu bisa menguap begitu saja kalau kamu melakukan hal-hal nggak terpuji seperti berikut ini. Kebiasaan apa yang bisa bikin puasa nggak berpahala? Yuk simak!

Ngomongin Orang

Buat kamu yang suka ghibah atau gosip, kurang-kurangin deh di bulan puasa ini. Selain bisa menambah dosamu, pahala yang kamu dapat dari berpuasa juga akan luntur karena perilaku tersebut. Ingat ya, puasa nggak cuma jaga perut, tapi juga jaga mulut

Berkata Kasar dan Marah-marah

Sama dengan menggosip, berkata kasar dan marah-marah sebaiknya dihindari. Perilaku ini cuma menambah dosa dan mengurangi pahala. Selain itu, marah-marah bakal bikin energimu terkuras. Kalau sudah gini puasa tambah berat tapi zonk dapatnya.

Bermesraan dengan Lawan Jenis

Selain nafsu emosi yang harus dijaga di bulan suci Ramadan ini, hal lain yang harus dijaga adalah nafsu syahwat dan pandangan mata. Di bulan ini sebaiknya kamu harus mengurangi intensitas bermesra-mesraan dengan pacarmu ya, Millens. Nggak puasa aja dosa apalagi puasa.

Jadi daripada deket-deket sama pacar, mending ngaji aja yuk.

Puasa Iya, Salat Engga

Puasa tanpa salat ibarat sayur tanpa garam. Puasa dan salat 5 waktu jika dikerjakan secara beriringan akan makin menambah pahala di bulan suci Ramadan ini.

Jadi jangan disia-siakan Ya, mumpung berada di bulan penuh berkah nih.

Tidur Tanpa Melakukan Aktivitas

Iya, sih. Katanya dengan tidur kamu bisa terhindarkan dari segala nafsu dunia yang memengaruhi amalan puasa. Namun nggak harus tidur dari imsak sampai magrib buka juga kan? Kamu boleh kok tidur tapi sewajarnya ya. Di samping mendapat pahala, kamu juga akan mendapatkan berkah dari kegiatan lain yang bermanfaat.

Menonton Blue Film

Untuk hal ini sudah sangat nggak diperkenankan ya, Millens. Jangankan menonton film porno. Jika memang kamu butuh hiburan, banyak alternatif lain yang seru untuk dilakukan.

Meskipun hal-hal di atas nggak sampai membatalkan puasamu, tapi tetap saja bakal membuat puasamu nggak berbobot di mata Allah SWT. Jangan sampai ya, Millens! (IB28/E05)