Hindari Gagal Fokus dengan 5 Tips Ini

Hindari Gagal Fokus dengan 5 Tips Ini
Ilustrasi fokus saat bekerja. (Shutterstock)

Pekerjaan menumpuk, tenggat waktunya berdekatan, sementara kamu malah susah untuk fokus dan konsentrasi. Wah, jangan dibiarkan, Millens. Atasi hal itu dengan 5 tips berikut.

Inibaru.id – Konsentrasi dan pikiran yang fokus tentu dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan terlebih bila dalam tenggat waktu tertentu. Kalau sampai gagal fokus, pekerjaan bisa berantakan bahkan nggak selesai pada tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Duh, nggak mau hal itu terjadi, kan? Yuk, simak 5 hal berikut agar kamu kembali fokus ke pekerjaan.

Ketahui Hal yang Membuatmu Nggak Fokus

Gawai dapat menjadi alasanmu gagal fokus. (Huffingtonpost)

Pertama, cari tahu dulu alasan mengapa kamu sering nggak fokus saat bekerja.  Kalau alasannya karena nggak tahan mengecek media sosial, kamu bisa mengatasinya dengan mengunduh aplikasi untuk memblokir situs pilihanmu dalam jangka waktu tertentu. Aplikasi yang bisa kamu pakai misalnya Block and Focus, StayFocus, dan Rescue Time.

Kalau alasannya adalah bunyi notifikasi di gawai, kamu bisa mengaktifkan mode diam atau mode pesawat untuk sementara.

Cobalah Menyendiri

Carilah tempat yang tenang untuk menyelesaikan pekerjaan. (Shutterstock)

Kamu bisa mencoba bekerja dengan menyendiri untuk menghindari gangguan dan kebisingan dari sekitar. Carilah lokasi yang tenang agar kamu lebih fokus menyelesaikan pekerjaan. Oh iya, luangkan juga waktu untuk beristirahat di sela-sela pekerjaan agar badan dan pikiran tetap bugar.

Pikirkan Masa Kini

Fokuslah pada pekerjaan di masa kini. (Qerja)

Terlalu larut memikirkan kesalahan di masa lalu atau impian di masa depan dapat memecah konsentrasi dan fokusmu. Untuk saat ini, fokuslah pada apa yang sedang kamu kerjakan. Setelah itu, kamu bisa memikirkan dan mengerjakan rencana untuk masa depan.

Fokus pada Satu Kerjaan

Hindari mengerjakan banyak hal secara bersamaan. (Shutterstock)

Nggak jarang gagal fokus terjadi karena kamu terlalu banyak mengerjakan pekerjaan dalam satu waktu. Meski terlihat efektif dan hemat waktu, kerja otak justru dapat terpecah karena dipaksa fokus pada beberapa hal yang berbeda secara bersamaan seperti yang ditulis laman Hellosehat (18/10/2017). Aturlah pekerjaanmu sesuai prioritas dan tenggat waktu.

Tenangkan Diri

Ilustrasi meditasi. (Shutterstock)

Nggak ada salahnya menenangkan diri dengan rutin bermeditasi untuk mempertajam ingatan dan kerja otak. Sembari bermeditasi, kamu juga bisa melatih pernapasan. Kedua hal tersebut dapat membantumu lebih fokus, lo.

Menjaga konsentrasi dan fokus saat bekerja nggak susah kan, Millens? Pekerjaan selesai dengan baik dan tepat waktu. Kinerjamu pun nggak akan mendapat catatan buruk dari si bos. Selamat mencoba! (IB10/E04)