Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mempersiapkan Pernikahan

Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Mempersiapkan Pernikahan
Ilustrasi pasangan pengantin. (Sugamatrimony.blogspot)

Merancang pesta pernikahan impian harus dilakukan dengan teliti. Kesalahan perlu diminimalisasi sejak dini agar pesta berjalan dengan lancar.

Inibaru.id – Memiliki pesta pernikahan yang indah tentu menjadi impian setiap pasangan. Perlu diingat, pesta pernikahan yang indah tentu hasil dari persiapan yang matang. Namun, terkadang banyak kesalahan yang dilakukan saat mempersiapkan pernikahan.

Berikut kesalahan yang sering terjadi saat mempersiapkan pernikahan.

Melupakan Dokumen Penting

Ilustrasi menandatangani dokumen pernikahan. (Desisachiko)

Dokumen penting seperti KTP, akta kelahiran, dan surat pengantar untuk menikah penting untuk kelangsungan pernikahan. Pastikan dokumen-dokumen itu sudah diurus dan disiapkan ya! Jangan sampai ada yang ketinggalan.

Buru-Buru Menentukan Konsep Pernikahan

Salah satu pernikahan berkonsep outdoor. (Pinterest)

Konsep pernikahan termasuk hal yang penting untuk ditentukan sejak dini. Kamu bisa mendiskusikannya bersama pasangan dan keluarga besar. Pertimbangkan baik dan buruknya setiap ide konsep sebelum memilih mana yang terbaik.

Buru-Buru Menyewa Gaun Pengantin

Gaun pengantin lebih baik disewa mendekati hari pernikahan. (Bridestory/Diera Bachier)

Memakai gaun pengantin yang terbaik akan membuat penampilanmu lebih menawan di hari pernikahan. Untuk itu, ada baiknya kamu nggak buru-buru menyewa gaun pengantin. Sewalah gaun pengantin mendekati waktu pernikahan agar proses fitting lebih sesuai dengan postur tubuhmu saat itu seperti ditulis laman Cermati, (9/10/2015).

Memesan Tempat Sebelum Membuat Daftar Tamu

Pastikan kapasitas tempat sesuai dengan jumlah tamu. (hellomay)

Jika kamu harus menyewa tempat untuk menyelenggarakan pernikahan, pastikan tempat itu memiliki kapasitas yang sesuai dengan jumlah tamu. Penting bagimu mengetahui jumlah tamu yang akan diundang. Jangan sampai kapasitas tempat pernikahan dan tamu yang datang berbanding terbalik ya!

Terlalu Hemat

Ilustrasi tabungan. (Shutterstock)

Nggak ada salahnya merancang pernikahan sederhana dan berbiaya minim. Namun, sebaiknya kamu menyediakan dana lebih untuk berjaga-jaga. Yap, kamu nggak akan pernah tahu kalau ternyata ada hal yang memerlukan dana lebih dari anggaran yang sudah ditetapkan. Biasanya sih, bagian konsumsi akan menyita lebih banyak biaya.

Menggunakan Jasa Teman

Pastikan temanmu dapat bekerja secara profesional. (weddingplanner)

Banyak orang yang meminta tolong temannya untuk menjadi panitia pernikahan. Hal ini sah-sah saja kok, asalkan kamu dapat memastikan mereka bisa bekerja secara optimal dan profesional.

Diet dan Perawatan Berlebihan

Ilustrasi perawatan. (Shutterstock)

Melakukan rangkaian diet dan perawatan sebelum hari pernikahan banyak dilakukan calon pengantin demi mendapatkan penampilan terbaik saat menikah. Meski begitu, kamu nggak boleh melakukannya secara berlebihan. Jangan sampai diet dan melakukan perawatan berlebihan yang bisa membuat kondisi tubuhmu nggak prima saat hari pernikahan.

Merancang pernikahan memang menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Namun, semua itu mesti dilakukan dengan teliti dan nggak buru-buru. Hayo, siapa nih yang sedang merancang pernikahan? (IB10/E04)