Hemlock, Tanaman Beracun yang Bisa Membuatmu Mati Tersenyum

Hemlock, Tanaman Beracun yang Bisa Membuatmu Mati Tersenyum
Tanaman Hemlock yang berbahaya dan beracun (IdnTimes/Jungledragon.com)

Tanaman hemlock dikenal sangat beracun dan berbahaya. Hanya dengan menyentuhnya saja dapat membuat nyawa kita melayang lo! Yang mengerikan, korbannya bisa tersenyum lebar! Penasaran nggak sama tanaman beracun yang satu ini?

Inibaru.id -  Tahu nggak Millens? Ternyata ada lo tanaman beracun yang sangat mengerikan bernama Hemlock Water Dropwot. Cukup dengan menyentuhnya saja, kamu sudah dapat terkena racunnya lo! Yang bikin tanaman ini semakin mengerikan, racunnya sangat mematikan. Korban bahkan bisa saja meninggal dengan kondisi tersenyum.  

Racun adalah salah satu hal yang paling menakutkan bagi makhluk hidup. Terdapat banyak bahan yang dapat menyebabkan keracunan, misalnya racun sintesis yang dibuat dalam laboraturium, hewan berbisa, ataupun tumbuhan yang memiliki racun alami.

Nah, hemlock ini punya racun alami. Kalau biasanya kata alami ini terkesan aman dan baik, realitanya racun dari hemlock sangat berbahaya dan harus kamu waspadai, Millens.

Pasti kamu penasaran kan dengan tanaman hemlock yang menyeramkan ini? Ini dia enam fakta tentang tanaman hemlock. Yuk, simak ulasan berikut ini.

1.      Ciri-ciri dan Habitat

Hemlock water dropwort mempunyai nama latin Oenanthe crocata. Ciri-cirinya yang paling mudah terlihat adalah memiliki bunga dengan warna putih dan kecil. Bijinya berbentuk seperti bola rugbi berwarna coklat dan batangnya  berwarna hijau cerah dan berongga. Jika batang hemlock itu dipotong, dapat mengeluarkan cairan berwarna kuning.

Hemlock sering ditemui di daerah lembap seperi rawa-rawa atau parit. (Pikist)
Hemlock sering ditemui di daerah lembap seperi rawa-rawa atau parit. (Pikist)

Habitat dari tanaman ini adalah di daerah yang lembap seperti rawa, danau, tepi sungai, parit atau selokan. Daunnya berwarna hijau terang dan berbentuk mirip seperti daun pakis dengan dua sampai empat bagian menyirip sehingga terlihat seperti segitiga.

2.      Seluruh Bagian Tanaman ini Sangat Beracun

Seluruh bagian tanaman ini sangat berbahaya dan beracun lo, Millens. Mulai dari akar, batang, daun, biji, bunga dan buahnya, sama-sama memiliki racun, tepatnya alkaloid beracun yang dapat memicu dampak fatal meski dalam jumlah yang kecil.

Racun tersebut dapat mempengaruhi transmisi implus saraf ke otot yang pada akhirnya dapat membunuh seseorang karena gagal napas. Kalau seseorang menyentuhnya dan kemudian terkena racun, dalam waktu 24 jam korban bisa saja meninggal. Ngeri bukan?

3.      Korban Meninggal Tersenyum dengan Mengerikan

Racun hemlock ini juga dapat menyebabkan otot wajah berkontraksi yang dapat membuat korbannya terlihat tersenyum mengerikan saat meninggal. Senyum ini seperti seperti menyeringai dan menahan kesakitan.

4.      Memiliki Rasa yang Manis

Tanaman hemlock ini memiliki rasa yang sedikit manis dan mirip seperti rasa parsnip lo! Parsnip adalah sejenis umbi berbentuk mirip wortel yang mempunyai rasa yang manis. Hal ini sangat nggak biasa karena kebanyakan tanaman beracun memiliki rasa yang pahit.

5.      Memiliki Sejarah yang Kelam

Pada zaman Romawi kuno, tanaman hemlock digunakan sebagai ritual pembunuhan orang tua yang dianggap sebagai beban masyarakat. Mereka adalah orang tua yang dianggap sudah tidak mampu mengurus dirinya sendiri. Agar cepat meninggal, mereka dibuat mabuk dengan ramuan dari hemlock. Setelah mabuk, orang-orang tua ini lalu dibunuh dengan dijatuhkan dari ketinggian atau dengan cara dipukul.

6.      Banyak Kasus Orang Terkena Racun Hemlock

Tanaman hemlock merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh di sekitar pemukiman lo! Sering kali, orang nggak sengaja terkena racun atau mengonsumsinya karena menganggapnya sebagai tanaman lain yang mirip. Sebagai contoh, akar hemlock sangat mirip dengan parsnip dan daunnya mirip dengan peterseli.

Itulah beberapa fakta hemlock water dropwort, tanaman yang sangat berbahaya dan beracun. Hati-hati agar nggak sampai menyentuhnya, ya! (Idn/MG43/E07)