Ahli Reptil Pastikan yang Digendong Pria di 9GAG Bukan Komodo

Meskipun sangat mirip, binatang dalam gendongan seorang pria berjaket kuning yang videonya viral di medsos bukanlah komodo. Apa dong?

Ahli Reptil Pastikan yang Digendong Pria di 9GAG Bukan Komodo
Video yang menunjukkan pria menggendong hewan mirip komodo yang viral (Kompas.com)

Inibaru.id – Belakangan ini sebuah video seorang pria yang sedang menggendong seekor hewan mirip satwa endemik Indonesia nan langka, Komodo, viral di Instagram @9gag. Dalam keterangan pada video tersebut tertulis, “Kupikir komodo itu hewan yang mematikan.”

Video tersebut pun segera menjadi perbincangan banyak orang. Kompas.com, Selasa (27/2/2018), menulis, video yang sudah dilihat lebih dari empat juta kali ini mendapatkan sekitar 12 ribu komentar. Bahkan, akun Instagram resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) @Kementerienlhk ikut-ikutan memberikan komentar terkait video tersebut.

“Itu bukan komodo, tapi black dragon atau biawak air Asia. Memang biawak air Asia (Varanus salvator) dan komodo sangat mirip. Namun, komodo memiliki lidah dengan warna merah muda,” jelas mereka.

Baca juga:
Ketika Bos IMF Diajak Blusukan Jokowi
Empat Anggota “The Family MCA” Dibekuk Polisi

Sebelumnya, video ini diunggah akun Instagram @therealtarzann. Pada video, pria yang terlihat menggendong reptil di video tersebut juga sama sekali nggak menyebut kata komodo. Dia bahkan dengan jelas menyebutnya dengan nama Salvator Black Dragon dari Indonesia.

Pria tersebut mengatakan, yang digendongnya adalah satu dari tiga reptil terbesar di dunia selain komodo dan buaya modern. Nah, keterangan akun 9GAG-lah yang membuat video itu jadi heboh karena disebutkan bahwa yang digendong itu adalah komodo yang dilindungi.

Ahli reptil LIPI Amir Hamidy membenarkan apa yang dikatakan akun Kemen-LHK. Menurutnya, biawak air atau Varanus salvator yang digendong sang pria sepertinya sangat jinak dan sudah lama dipelihara sehingga ukurannya bisa sangat besar dan montok. Bahkan, biawak ini dianggapnya mengalami masalah obesitas.

“Warnanya terlalu hitam. Komodo kulitnya jauh lebih cerah,” ujar Amir saat ditanya perbedaan antara komodo dengan black dragon.

Baca juga:
“Sekala Niskala” yang Berjaya di Festival Film Berlinale
Rayakan Ulang Tahun Pertama, Pajero Indonesia Bersatu Serbu Semarang

Seperti ditulis Detik.com, Senin (26/2), perbedaan antara keduanya sejatinya terletak pada ukurannya. Black dragon cenderung lebih kecil dari komodo dan warnanya juga lebih gelap. Black dragon berwarna hitam legam kebiruan dengan perut berwarna abu-abu dan lidah berwarna biru.

Hm, jelas sudah semuanya. Namun, kendati black dragon nggak menggigit dan punya air liur beracun sebagaimana komodo, rasanya gimana gitu menggendong biawak sebesar itu! Ha-ha. (AW/GIL)