Heboh Ular Berkaki Mati Akibat Kebakaran Hutan, Begini Faktanya

Warganet dihebohkan dengan dengan foto ular korban kebakaran hutan yang seperti memiliki kaki. Benarkah ular itu berkaki?

Heboh Ular Berkaki Mati Akibat Kebakaran Hutan, Begini Faktanya
Foto ular berkaki yang menghebohkan warganet. (Headtopics)

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial viral foto yang menunjukkan ular yang ikut menjadi korban kebakaran hutan di Provinsi Riau. Nggak hanya miris karena sampai ada satwa yang menjadi korban, banyak warganet yang keheranan dengan kondisi ular tersebut yang seperti memiliki kaki.

Namun, setelah dikonfirmasi ahli reptil dan amfibi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Amir Hamidy, “kaki” yang ada pada mayat ular tersebut bukanlah kaki melainkan kelamin. Bagian panjang itu adalah hemipenis yakni kelamin ular jantan.

“Kalau manusia yang berjenis laki-laki kan memiliki penis, kalau ular jantan punya hemipenis. Sebenarnya nggak hanya ular, reptil lain juga memiliki hemipenis. Jumlahnya ada dua dan berada di pangkal ekor,” jelas Amir seperti diwartakan laman Detik, Sabtu (21/9/2019).

Pada kondisi biasa, homopenis itu nggak terlihat. Namun, saat ular akan kawin, hemipenis itu akan dikeluarkan.

“Kalau saat aktivitas biasa nggak keliatan, tapi kalau akan kawin akan keluar saat dipencet di bagian pangkal ekornya. Yang satu masuk ke dalam kloaka betinanya. Yang satu lagi akan masuk ke lubang anus,” lanjutnya.

Lantas, apakah wajar jika ada ular yang meninggal dengan kondisi hemipenis keluar? Amir menyebut besar kemungkinan sang ular kepanasan akibat kebakaran hutan dan lahan sehingga menyebabkan hal ini.

“Sepertinya terjadi kontraksi otot saat sang ular terbakar sehingga membuat hemipenisnya keluar. Jadi itu bukan kaki karena memang semua ular jantan memiliki hemipenis,” ungkapnya.

Hanya saja, tidak semua ular jantan saat mati akan mengeluarkan hemipenis. Kondisi ini termasuk kebetulan namun masih dianggap sebagai hal yang wajar.

“Kalau matinya karena kebakar ya wajar. Tapi seringkali hal ini karena kebetulan saja. Satu hal yang pasti, kita nggak perlu membesar-besarkannya,” pungkasnya.

Jadi jelas ya Millens, dua daging panjang itu bukan kaki melainkan bagian kelamin sang ular yang keluar. (IB09/E04)