Heboh Perempuan Tasikmalaya Hamil Mendadak dan Melahirkan, Dokter: Itu Cryptic Pregnancy

Heboh Perempuan Tasikmalaya Hamil Mendadak dan Melahirkan, Dokter: Itu Cryptic Pregnancy
Heni Nuraeni bersama bayi laki-lakinya. (Istimewa)

Desa Mandalasari di Tasikmalaya dihebohkan dengan kabar seorang perempuan yang hamil dadakan dan melahirkan satu jam kemudian. Dokter pun menjelaskan adanya fenomena ini.

Inibaru.id - Desa Mandalasari, Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya digemparkan dengan peristiwa yang nggak biasa. Seorang ibu bernama Heni Nuraeni (28) mendadak hamil dan melahirkan satu jam kemudian.

Heni, sapaan akrabnya mengaku kalau sebelumnya dia nggak merasakan sama sekali tanda-tanda kehamilan.

Kejadian bermula ketika pada Sabtu sore saat membuat kue bolu pesanan, Heni mengeluhkan sakit di perutnya kepada suaminya, Erik.

Erik lantas membawa sang istri ke rumah orang tuanya pada pukul 20.00 WIB. Keanehan muncul tatkala perut Heni menonjol dan mengeras seperti orang hamil.

Ilustrasi - Kehamilan mendadak Heni diawali dengan perut yang mulas. (Shutterstock)<br>
Ilustrasi - Kehamilan mendadak Heni diawali dengan perut yang mulas. (Shutterstock)

Nggak beberapa lama, Heni merasakan mulas yang luar biasa seperti hendak melahirkan. Benar saja, dengan bantuan dukun beranak, Heni melahirkan seorang bayi laki-laki secara normal.

Mendengar kabar tersebut sejumlah petugas medis dan dokter dari Puskesmas Puspahiang beserta perangkat desa mendatangi rumah Heni untuk melakukan pemeriksaan dan wawancara.

Kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tasikmalaya Mia Shofia, peristiwa tersebut memang ada dalam dunia medis, dan kerap disebut dengan kehamilan kriptik (cryptic pregnancy) atau kehamilan samar.

Secara logika persalinan yang terjadi pada Heni adalah persalinan alami dan dilalui proses kehamilan.

Iustrasi - Kehamilan kriptik (cryptic pregnancy) dikenal juga dengan kehamilan samar. (Shutterstock)
Iustrasi - Kehamilan kriptik (cryptic pregnancy) dikenal juga dengan kehamilan samar. (Shutterstock)

“Begitupun hasil konsultasi dengan para ahli kehamilan, bahwa tenaga kesehatan menyakini suatu proses normal, sebuah proses persalinan yang diawali oleh proses kehamilan," kata Mia Shofia, Senin (20/7).

Mengutip dari situs Mother and Baby gejala kehamilan samar didasari oleh beberapa faktor. Hal ini bisa dialami oleh perempuan yang belum pernah hamil sebelumnya dan mereka yang memasuki masa menopause. Faktor jadwal menstruasi yang nggak beraturan, ukuran fetus yang kecil, dan minimnya tanda-tanda kehamilan juga berpotensi membuat perempuan nggak menyadari dirinya tengah hamil.

Selain itu, pengobatan yang bisa memengaruhi berat badan juga akan membuat perempuan rentan mengalami cryptic pregnancy. Penyebab lain, perempuan tersebut memiliki memiliki dua rahim dan janin terbentuk di rahim yang terletak paling dekat dengan tulang punggung. Karena letaknya yang tersembunyi, perut terlihat biasa saja dari luar.

Wah, ternyata ada juga tipe kehamilan seperti ini ya, Millens. (IB28/E05)