Heboh Merpati Seharga Rp 1 Miliar, Apa Sih yang Bikin Harga Burung Ini Mahal?

Heboh Merpati Seharga Rp 1 Miliar, Apa Sih yang Bikin Harga Burung Ini Mahal?
Jayabaya, burung merpati seharga 1 Miliar. (Dok. Aristyo)

Ada merpati seharga Rp 1 miliar. Yang lebih gila lagi, ada yang mau menebus harga ini demi mendapatkanya. Apa sih keistimewaannya sampai membuat harganya selangit?

Inibaru.id - Robby Eka Wijaya, laki-laki asal Depok, Jawa Barat ini rela merogoh koceknya dalam-dalam demi menebus merpati seharga Rp 1 miliar! Merpati yang dibeli Robby itu dikenal dengan nama Jayabaya. Kamu pasti akrab dengan nama ini, khususnya ramalan-ramalannya. Apa iya sang merpati ini terkait dengan ramalan Jayabaya sehingga harganya selangit?

Usut punya usut, nggak ada kaitan sama sekali antara nama merpati ini dengan Raden Jayabaya. Kebetulan saja nama sang merpati ini lumayan keren. Hanya, kalau soal harganya, Robby menganggapnya pantas karena sang merpati pacuan jenis "kolong meja" ini memang kaya prestasi. Selain itu, fisiknya juga indah dan langka.

“Saya melihat karena prestasi dan kualitasnya. Merpati Jayabaya itu biasa diikutkan ke kontes dan konsisten menang terus," ungkap Robby.

Robby membeli Jayabaya dari grup Embatama asuhan Aristyo pada pertengahan 2019. Selain Jayabaya, Robby juga membeli 3 burung merpati lain bernama Mc Gyver, Jerry, dan Wijaya.

Transaksi pembelian merpati seharga Rp 1 miliar. (Dok. Aristyo)<br>
Transaksi pembelian merpati seharga Rp 1 miliar. (Dok. Aristyo)

Beda dengan Jayabaya, ketiga burung yang disebut terakhir dibeli dengan harga total Rp 400 juta. Jadi, hanya untuk empat merpati, Robby mengeluarkan uang sampai Rp 1,4 miliar!

Robby menyebut Aristyo, pemilik Jayabayara sebelumnya, hanya membeli sang burung dengan modal Rp 50 juta saja dari temannya. Meski terlihat seperti mengambil untung sangat banyak, Robby justru menganggap harga itu wajar untuk merpati kontes.

"Sebelumnya saya enggak pernah beli semahal ini. Sebelumnya jauh lebih murah, ada yang Rp 50 juta, Rp 20 juta, Rp 80 juta sampai Rp 100 juta, variatif. Tergantung prestasi masing-masing," sambung Robby. 

Performa Burung Mempengaruhi Harga Merpati

Irham, peneliti ekologi dan sistematika burung dari LIPI menjelaskan kalau burung merpati yang sudah dikembangkan untuk perlombaan dan sering juara memang bakal berharga mahal.

"Harga untuk individu tersebut bisa menjadi sangat mahal, apalagi bagi mereka yang hobi. Batasan harga hampir tidak ada standarnya," ujar Irham.

Merpati dengan performa baik, harganya bisa selangit. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Merpati dengan performa baik, harganya bisa selangit. (Inibaru.id/ Audrian F)

Menurut Irham, burung merpati paling mahal yang pernah terjual adalah Armando. Merpati berjenis Belgian Racing Pigeon ini dihargai 1,4 juta Dollar AS atau hampir Rp 20 miliar.

Merpati yang sudah sering juara dipercaya akan memiliki keturunan yang punya naluri juara juga. Oleh karena itulah, merpati yang sering juara harganya mahal, karena selain membeli merpati yang bisa menjamin kemenangan, juga secara nggak langsung membeli bibit merpati berkualitas di masa depan.

Kerap dianggap sebagai hewan yang nggak jauh-jauh dari lingkungan manusia, realitanya merpati memiliki kemampuan terbang luar biasa. Jarak tempuhnya bisa mencapai lebih dari 1.000 km dengan kecepatan 60 km/jam. Merpati juga termasuk dalam burung yang cerdas dan memiliki kemampuan navigasi yang baik. Jadi, di manapun kamu melepasnya, jika dilatih dengan baik, merpati akan kembali ke tempat tertentu tanpa tersesat.

Jadi, jangan kira hobi merpati itu hanya mainan saja, ya Millens. Buktinya, ada lo yang rela membayar merpati seharga 1 miliar! (Ind/IB28/E07)