Heboh Istilah Unicorn di Debat Capres Kedua, Ini Kata BPN dan PSI

Heboh Istilah <em>Unicorn</em> di Debat Capres Kedua, Ini Kata BPN dan PSI
Kedua Capres bersalaman seusai debat. (Kompas/Garry Lotulung)

Jokowi sempat menyinggung istilah unicorn kepada Prabowo di debat capres kedua. Tim BPN Prabowo-Sandi ternyata menganggap pertanyaan ini melenceng dari tema debat dan berniat melaporkannya ke KPU. Lalu seperti apa tanggapan PSI?

Inibaru.id – Jawaban Prabowo tentang pertanyaan yang terkait dengan unicorn yang dilontarkan Joko Widodo (Jokowi) di debat capres kedua yang diadakan semalam, Minggu (17/2/2019) menjadi perbincangan hangat warganet. Hanya saja, menurut Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, pertanyaan Jokowi ini justru dianggap melenceng dari tema debat.

Detik.com, Senin (18/2) menulis Gari Primandana, juru bicara pangan dan lingkungan tim Prabowo-Sandiaga justru menyebut Jokowi sudah kehabisan pertanyaan sehingga mengeluarkan istilah tersebut.

“Tadi Pak Prabowo sempat berpikir dulu. Kalau menurut saya sih Pak Jokowi sudah kehabisan pertanyaan sehingga memberikan tekanan ke Pak Prabowo dengan cara ini,” ucap Gari.

Jokowi memang sempat bertanya kepada Prabowo tentang bagaimana rencana rivalnya ini dalam mendukung perkembangan unicorn di Tanah Air.

“Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun demi mendukung perkembangan unicorn di Indonesia?” tanya pria asal Solo ini.

Menurut Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso, pertanyaan yang dilontarkan Jokowi menjebak.

“Pertanyaannya aneh dan tendensinya menjebak. Jutaan rakyat mana ada yang tahu soal unicorn. Di sini saja paling hanya setengah saja yang tahu. Pertanyaannya hanya menunjukkan seakan-akan lebih tahu soal unicorn, start-up, dan lain-lain,” ucap Priyo.

BPN Prabowo-Sandiaga pun sudah melaporkan keluhan terkait hal ini ke KPU.

“Kami langsung protes ke KPU. Jawaban mereka nanti kami rapatkan sehingga Bawaslu bisa segera menindaklanjuti hal ini,” lanjut Priyo.

Sementara itu, Ketua DPP PSI Tsamara Amany justru menganggap pertanyaan Jokowi penting karena menunjukkan pengetahuannya tentang masalah anak muda.

“Pertanyaan ini menunjukkan bahwa Pak Jokowi memahami persoalan anak muda saat ini,” ucap Tsamara.

Dalam debat capres kedua ini, Jokowi mengaku sudah mempersiapkan program yang ditujukan untuk mengembangkan start-up lokal. Salah satunya adalah infrakstruktur yang disebut ‘Palapa Ring’.

“Palapa Ring di Indonesia bagian barat dan tengah sudah selesai 100 persen. Di Indonesia bagian timur sudah 90 persen. Juli 2019 nanti Insya Allah 100 persen akan selesai,” ucap Jokowi.

Kalau menurut Millens, pertanyaan soal unicorn ini memang perlu dibahas di debat capres nggak sih? (IB09/E05)