Heboh Cahaya di Langit Muncul Usai Gempa Malang, Ada Apa?

Heboh Cahaya di Langit Muncul Usai Gempa Malang, Ada Apa?
Fenomena cahaya di langit muncul usai gempa Malang. (Twitter/Archangel_AE)

Masyarakat Jawa Timur dihebohkan dengan cahaya di langit muncul usai gempa pada Sabtu (10/4/2021). Apa penyebab dari fenomena ini, ya?

Inibaru.id – Gempa yang melanda Kabupaten Malang dan sekitarnya pada Sabtu (10/4/2021) lalu nggak hanya menyisakan korban dan kerusakan. Warga juga dihebohkan dengan fenomena langit pasca-gempa dengan kekuatan 6,7 SR itu. Bagaimana nggak, cahaya di langit muncul usai gempa. Apakah hal ini menandakan sesuatu yang berbahaya?

Foto-foto dan video yang menunjukkan cahaya mirip pelangi namun berada di atas awan ini pun viral di media sosial. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pun sampai angkat bicara terkait dengan fenomena ini. Menurut Ketua LAPAN Thomas Jamaludin, fenomena cahaya di langit muncul usai gempa ini sama sekali nggak terkait dengan gempa.

“Itu hanya suatu kebetulan. Belum tentu teramati di tempat lain yang juga mengalami gempa,” ucap Thomas pada Sabtu (10/4).

Meski begitu, fakta menunjukkan bahwa ada laporan tentang munculnya fenomena cahaya di langit usai gempa di beberapa tempat. Sebagai contoh, sebelum gempa Sichuan, Tiongkok pada 2008, dan Idu, Jepang pada 1930, fenomena ini muncul. Masyarakat Selandia Baru juga melihat cahaya ini selama beberapa jam pasca-gempa pada 1888. Nggak hanya cahaya mirip pelangi, ada yang mengaku melihat cahaya putih atau bahkan seperti bola api.

Cahaya di langit juga muncul pasca gempa di Meksiko pada Agustus 2018. (Riauaktual)
Cahaya di langit juga muncul pasca gempa di Meksiko pada Agustus 2018. (Riauaktual)

Sejumlah ilmuwan pun mengeluarkan pendapat yang berbeda terkait hal ini. Ada yang menyebut gempa yang disebabkan oleh gerakan tektonik bebatuan memicu medan pizoelektrik yang menghasilkan kilat. Ada juga yang menyebut gerakan tektonik mendistribusikan energi elektromagnetik yang akhirnya mempengaruhi muatan magnet di ionosfer langit.

Tapi menurut Robert Theirault yang menulis penelitian di jurnal Seismological Research Letters, ada keterkaitan antara gempa dan kemunculan cahaya-cahaya itu.

“Jika Anda melihat cahaya yang terlihat di langit, dan Anda tinggal di daerah rawan gempa, itu mungkin merupakan tanda peringatan dini (gempa),” terang Theirault.

Yap, cahaya unik di langit ini memang bisa saja muncul sebelum, saat, atau usai gempa. Hal ini terungkap usai Theirault mengecek kondisi geologi yang muncul dari 65 gempa bumi sejak 1600-an. Sayangnya, baik itu Theirault atau peneliti-peneliti lainnya belum bisa benar-benar menjelaskan bagaimana bisa fenomena unik ini muncul.

Fenomena cahaya di langit muncul usai gempa di Jawa Timur dan sekitarnya ini memang sangat unik, ya Millens. Kalau menurut kamu, apakah memang gempa dan cahaya ini terkait? (Kum/IB09/E05)