Hebat! Bangunan Perpustakaan Nasional Juara Dunia

Dengan bangunan setinggi 126,3 meter, Perpustakaan Nasional menjadi yang tertinggi di dunia. Ilmu yang diperoleh dari situ juga bakal semakin tinggi.

Hebat! Bangunan Perpustakaan Nasional Juara Dunia
Bangunan Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. (Foto: lensaindonesia.com)

Inibaru.id -  Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Kamis (14/9/2017).

"Dengan mengucapkan bismilahirrahmanirrahim, saya resmikan gedung layanan fasilitas perpustakaan nasional yang baru," ujar Jokowi.

Simbolisasi peresmian dilakukan dengan penekanan sirine bersama-sama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir, Kepala Perpustakaan Nasional Muh Syarif Bando dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat.

Gedung Perpusnas yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini memiliki 27 lantai. Sang Presiden dengan bangga mengatakan bangunan “gudang ilmu” tersebut merupakan gedung Perpustakaan tertinggi di Dunia. Ia menjadi “juara” di dunia dalam hal ketinggian bangunan.

Baca juga: Bukan Suramadu, Inilah yang Akan Jadi Jembatan Tepanjang di Indonesia

Sebelumnya Perpusnas adalah bangunan tiga lantai. Tapi sejak dua tahun empat bulan, bangunan dibuat lebih megah dan tinggi.

"Dulu, ini hanya tiga lantai, enggak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai plus satu lantai basement. Jadi enggak kaget kalau gedung ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," ujar Presiden Jokowi saat meresmikan gedung tersebut.

Seperti dilansir GNFI, Perpusnas berdiri di atas lahan seluas 11.975 meter persegi dengan luas bangunan 50.917 meter persegi. Arstitektur bangunannya dirancang dengan konsep green building dengan konsumsi energi 150 kwh/mm2 per tahun.

Kenapa disebut tertinggi di dunia. Fakta menyebutkan bahwa bangunan perpustakaan tertinggi sebelum Perpusnas diresmikan adalah perpustakaan di Shanghai, Tiongkok , yang selama ini disebut tertinggi memiliki tinggi 106 meter. Padahal, Perpusnas tersebut memiliki tinggi 126,3 meter.

Baca juga: Nambah Lagi, Sebanyak Inilah Jumlah Pulau di Indonesia yang Resmi Diakui PBB Sekarang

Adapun, fasilitas yang ada di gedung ini, antara lain ruang layanan keanggotaan perpustakaan nasional dan ruang Teater yang ada di Lantai 2, ruang zona promosi budaya baca yang ada di L3, dan data center di Lantai 6.

Tak hanya itu,  perpustakaan Nasional  juga menyediakan layanan untuk orang lanjut usia (lansia), para penyandang disabilitas dan anak-anak. Layanan tersebut berada di Lantai 7.

Para penyuka sejarah dan kebudayaan Nusantara juga boleh tersenyum. Pasalanya, layanan naskah nusantara hingga layanan koleksi buku langka dapat ditemukan di perpustakaan ini.

Terdapat pula Layanan Audivisual hingga layanan multimedia. Adapun di lantai 24 terdapat Layanan Koleksi Budaya Nusantara, Executive Lounge, dan Ruang Penerimaan Tamu Mancanegara. (PA/SA)