Siswa Kita Sabet 91 Medali Turnamen Debat Internasional

Jumlah 91 medali yang berhasil diraih tahun ini naik dua kali lipat dari jumlah medali yang diraih 2016 yang hanya berjumlah 44.

Siswa Kita Sabet 91 Medali Turnamen Debat Internasional
Para siswa dari Global Sevilla School (Harian Waktu)

Inibaru.id - Siswa Indonesia yang berasal dari Global Sevilla School berhasil menyabet 91 medali dalam turnamen debat Bahasa Inggris tingkat internasional yang diselenggarakan di Yale University, Amerika Serikat, pertengahan November 2017. Turnamen ini diikuti oleh sekitar 1.000 siswa yang berasal dari 50 negara. Dari 91 medali yang berhasil direbut, 40 di antaranya adalah medali emas dan 51 lainnya adalah medali perak.

Direktur Global Sevilla Robertus Budi Setiono menyebut kunci dari keberhasilan anak didiknya dalam meraih begitu banyak medali adalah persiapan yang matang dan penerapan metode “mindfulness” yang memusatkan pikiran pada kesadaran dan perhatian. Dia pun merasa bangga karena jumlah medali yang direbut tahun ini naik dua kali lipat dibandingkan raihan tahun lalu. Bahkan, kebanggaannya semakin bertambah tatkala mengetahui siswanya juga menyabet dua penghargaan tertinggi karena menjadi tim terbaik dari Asia Tenggara.

Baca juga:
Ini Dia Anastasiya Si Anak Tercantik Sejagat
Tara Adia, Lebih dari Sekadar Penyanyi

“Tahun lalu hanya 44 medali yang terdiri dari 18 emas dan 26 perak. Mereka terbukti mampu bersaing dengan anak-anak dari negara maju, inilah bentuk penghargaan untuk anak zaman sekarang,” ucap Robertus sebagaimana dikutip dari Antaranews (29/11/2017).

Pada babak penyisihan yang diselenggarakan awal 2017, tim dari Indonesia meraih 62 medali di Hanoi, Vietnam dan 117 medali di Athena, Yunani.

Kenneth Putra Abadi, salah satu peraih medali emas, mengaku jika tim telah mempersiapkan mental dengan baik demi menghadapi turnamen debat ini.

Baca juga:
Dua Film Kita Menang di Festival Internasional
Kampanye Tolak Kantong Plastik, Dua Remaja Bali Ini Mendapat Penghargaan di Jerman

“Semua yang bertanding pasti memiliki wawasan yang bagus karena mereka siswa terbaik di negaranya masing-masing. Jadi harus kuat mental, agar tetap tenang saat berdebat dan mengeluarkan gagasan,” ungkapnya. (AW/SA)