Penjahat Siber Mulai Incar Youtuber Populer

Penjahat Siber Mulai Incar <em>Youtuber</em> Populer
Penjahat siber mulai incar youtuber. (REUTERS/ Beawiharta)

Pelaku kejahatan siber mulai menyasar pembuat konten di Youtube yang populer. Para penjahat siber biasanya mengatasnamakan dari Google untuk mengorek data pribadi pembuat konten.

Inibaru.id - Beberapa waktu lalu, pembuat konten Youtube Tesla Joy sempat membuat cuitan di Twitter mengenai penjahat siber. Pada cuitan yang kini sudah dihapus itu, Joy mengimbau sesama pembuat konten untuk mengabaikan surel dari salah satu alamat email.

Dia mengaku menerima email phishing yang meminta kata sandi saluran kontennya dari alamat tersebut.

Mohon tag orang lain yang Anda kenal. Hari ini saya mendapat e-mail phishing berikut, dari editor.monetized.channel@gmail.com yang meminta kata sandi. JANGAN HIRAUKAN LAPORKAN,” tulis Joy.

Hal ini rupanya serujuk dengan hasil penelitian dari Kaspersky Lab. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan, perusahaan pembuat antivirus itu mengatakan pelaku kejahatan siber sedang mengincar pembuat konten populer yang memiliki saluran dengan 1.000 pengikut seperti ditulis laman CNN Indonesia, Sabtu (11/5/2019).

Pelaku kejahatan memposisikan diri seolah-olah mereka dari Youtube dengan mengirimkan notifikasi palsu ke korbannya.

“Tim kami telah meninjau saluran Anda. Kami mendeteksi ada lebih dari satu pelanggaran dalam proses peninjauan akun Anda,” tulis notifikasi yang dikirimkan pelaku kepada korban.

Setelah itu, pelaku akan meminta link URL dan kata sandi akun si korban. Kemudian korban diminta untuk melengkapi data diri dan mengirimkannya kembali melalui surel atau email.

Setelah semua data diperoleh, pelaku akan mengambil alih untuk melakukan penipuan kepada para pengikut saluran korban.

Kalau kamu termasuk dalam kategori itu, harap hati-hati ya sobat Millens. Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk terhindar dari kejahatan itu. Pertama, selalu ingat jika Youtube nggak pernah minta kata sandi surel penggunanya. Kedua, saat menerima surel, bacalah secara teliti sebelum membalas pesan tersebut. Terakhir, kamu bisa mengaktifkan autentifikasi dua faktor untuk semua layanan Google termasuk Youtube.

Apapun yang terjadi, harus selalu berhati-hati ya, Millens. (IB24/E04)