Sst, Hati-Hati Tertular Badmood

Sst, Hati-Hati Tertular <em>Badmood</em>
Suasana hati dapat tertular lingkungan. (Andreypopov)

Millens, nggak hanya penyakit yang berasal dari virus seperti flu saja yang dapat menular, lo. Suasana hati yang buruk pun bisa menular ke lingkungan sekitarmu.

Inibaru.id – Lingkungan sekitar memang sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Nggak cuma berpengaruh pada caramu berpikir, suasana hati orang di sekitarmu pun bisa kamu rasakan, termasuk saat suasana hati mereka buruk. Yap, suasana hati buruk atau badmood rupanya bisa menular.

Hal ini selaras dengan penelitian yang dilakukan National Longitudinal Study of Adolescent to Adult Health di Amerika Serikat. Dari penelitian tersebut didapatkan fakta suasana hati memiliki kecenderungan untuk menyebar ke seluruh lingkaran sosial. Penyebaran itu juga berlaku pada suasana hati yang buruk.

Rob Eyre, pemimpin Penelitian dan Periset Statistik Kesehatan Masyarakat, melakukan penyelidikan terkait suasana hati individual seperti nafsu makan, kelelahan, dan tidur. Dia meneliti apakah suasana hati tersebut dapat menyebar melalui jaringan pertemanan.

Dilansir dari laman Kompas (24/9/2017), peneliti menemukan jika kamu dikelilingi orang-orang yang ceria, kemungkinan besar kamu akan merasakan hal yang sama. Namun, jika temanmu merupakan sekelompok orang yang memiliki suasana hati yang buruk, kemungkinan besar kamu juga akan merasakan hal yang sama.

Eits, tapi nggak selamanya fakta itu berdampak buruk, lo. Kamu justru bisa menggunakannya untuk mengurangi risiko depresi teman di sekitarmu. Selain itu, dengan memiliki suasana hati yang baik di setiap kesempatan, kamu juga bisa memicu temanmu untuk mengurangi suasana hati buruk dan sikap negatif terhadapmu.

So, selalu good mood, ya! Semangat beraktivitas, Millens. (IB24/E04)