Hasil Sidang Isbat 2021; 1 Ramadan Besok!

Hasil Sidang Isbat 2021; 1 Ramadan Besok!
Awal puasa jatuh pada Selasa (13/4). (Kaltim.prokal.co)

Pemerintah melalui kementrian Agama menetapkan 1 Ramadan jatuh besok, Selasa (13/4). Adapun keputusan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang dilaksanakan pada Senin (12/4).

Inibaru.id - Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan awal puasa atau 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (13/4) besok. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal Ramadan 1442 H. Sidang ini dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Senin (12/4). 

"Menetapkan 1 Ramadan pada tanggal 13 April," ujar Yaqut membacakan hasil ketetapan sidang isbat di Kementerian Agama, Senin (12/4).

Yaqut menambahkan bahwa Kementerian Agama telah menerbitkan surat edaran terkait dengan pelaksanaan amaliyah Ramadan dan Idul Fitri mendatang.

"Bahwa selama bulan Ramadan untuk ibadah-ibadah yang menyertainya seperti salat tarawih, itikaf, kultum, dll akan dilakukan pembatasan-pembatasan dengan mengikuti protokol kesehatan," jelasnya.

Ibadah salat tarawih bisa dilakukan di masjid dengan pembatasan 50 persen dari kapasitas keseluruhan, asalkan daerah tersebut merupakan daerah dengan zona hijau maupun kuning. Sementara di daerah dengan zona merah dan orange tidak diperbolehkan melakukan ibadah secara masal, sehingga diharapkan untuk melakukan ibadah-ibadah Ramadan di rumah masing-masing.

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar menuturkan sebagaimana fatwa MUI yang telah disampaikan beberapa waktu yang lalu terkait dengan vaksinasi, di bulan Ramadan ini vaksin tetap diperbolehkan.

"Intinya bahwa orang yang sedang berpuasa, tidak akan batal puasanya ketika divaksin. Tetapi tetap harus diperhatikan kondisi kesehatan orang yang divaksin," paparnya.

Sidang Isbat Tiga Sesi

Tahun ini sidang Isbat diselenggarakan dengan skema kombinasi secara luring dan daring, mengingat masih dalam situasi pandemi. Selain perwakilan dari ormas-ormas Islam dan MUI, sejumlah perwakilan dari negara-negara sahabat turut hadir dalam sidang isbat tersebut.

Pelaksanaan sidang isbat dibagi tiga sesi. Sesi pertama merupakan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 Hijriah oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama. Jadi, pada tahap ini Tim pemantau memastikan telah melihat hilal Ramadan di sejumlah daerah, Millens.

Sesi kedua sidang isbat diadakan secara tertutup. Hanya perwakilan MUI, Komisi VIII DPR, Menteri dan Wakil Menteri Agama yang hadir dalam sesi ini.

Kementerian Agama telah menetapkan pos pemantauan hilal (rukyatul hilal) di 86 titik pemantauan di seluruh Provinsi di Indonesia. Tapi dalam perjalanannya, ditambah dua pos pemantauan.

Kata Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama (Kemenag) Cecep Nurwendaya, dua lokasi baru itu berada di masjid KH Hasyim Asyari, Jakarta, dan Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera (Itera) di Lampung.

"Sehingga kita lihat saat ini ada 88 lokasi rukyatul hilal dari Aceh sampai Papua," ujar Cecep dalam siaran langsung proses sidang isbat di kanal Youtube Kementerian Agama, Senin (12/4).

Sebagai informasi, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah terlebih dahulu menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 13 April 2021. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan hisab hakiki wujudul hilal yang dilaksanakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Sedangkan PBNU,  juga sudah menetapkan 1 Ramadan pada esok berdasarkan rukyatul hilal bil fi'li atau pengamatan hilal melalui pos-pos hilal pada Senin (12/4).

Wah, akhirnya besok puasa. Kamu sudah siap kencengin ibadah puasa tahun ini, Millens? (CNN/IB21/E03)