Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadan Jatuh pada 24 April 2020

Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadan Jatuh pada 24 April 2020
Awal Ramadan 1441 H jatuh pada 24 April 2020. (Okezone)

Hasil sidang isbat awal Ramadan 1441 H sudah diumumkan. Menteri Agama menetapkan awal Ramadan jatuh pada 24 April 2020.

Inibaru.id – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Jumat (24/4/2020). Penetapan itu diumumkan Menteri Agama Fachrul Razi pada Sidang Isbat Awal Ramadan 1441 H pada Kamis (23/4).

Penetapan ini didasarkan pada penggabungan antara hasil rukyat dengan informasi hasil hisab yang tertera dalam Taqwim Standar Indonesia 2020. Berdasarkan hasil rukyat, anggota tim Falakiyah Kementerian Agama mengonfirmsi sudah melihat hilal awal Ramadan 1441 H di wilayah Indonesia.

Hilal tersebut teramati di wilayah Indonesia pada Kamis (23/4). Sejak pukul 09.26, bulan baru sudah muncul. Karena itulah, hilal awal Ramadan dinilai sudah cukup tua karena umurnya sudah lebih dari delapan jam.

Menteri Agama Fachrul Razi (Dok. Kemenag)
Menteri Agama Fachrul Razi (Dok. Kemenag)

Hilal juga sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Kriteria hilal yang dimaksud yakni tinggi minimal 2 derajat, elongasi bulan ke matahari minimal 3 derajat, dan  umur hilal minimal 8 jam.

Dalam penetapan 1 Ramadan tahun ini, nggak ada silang pendapat antarpemimpin organisasi agama seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Dalam pengumuman itu juga, Menteri Agama mengimbau masyarakat agar dapat beribadah di rumah. Imbauan ini berkaitan dengan pandemi Corona yang sedang dihadapi semua bangsa di dunia. Hal ini berarti, ibadah seperti salat tarawih yang biasanya dilakukan berjamaah di masjid bisa dilakukan di rumah saja.

“Selamat menjalankan ibadah puasa. Mari ibadah dari rumah untuk menghindari Covid-19,” ujar Fachrul Razi.

Marhaban Ya Ramadan ya, Millens. Selamat beribadah puasa bagi yang menjalankan. Eits, jangan lupa jaga kesehatan ya! Selain itu, sebaiknya kamu mengikuti imbauan dari pemerintah untuk menjalankan ibadah di rumah aja. Ramadan tahun ini memang akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. (IB03/E07)