Hasil Hitung Cepat Sementara, Jokowi-Ma'ruf Unggul

Hasil hitung cepat Pilpres 2019 sudah mulai dipublikasikan berbagai media sejak Rabu (17/4/2019) pukul 15.00 WIB. Untuk sementara, hasil perhitungan cepat menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dari pasangan Prabowo-Sandi.

Hasil Hitung Cepat Sementara, Jokowi-Ma
Jokowi Amin unggul dari hitung cepat Pemilu 2019. (Kompas)

Inibaru.id – Sejak Rabu (17/4/2019) pukul 15.00 WIB, hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019 telah dibeberkan di berbagai media. Ada beberapa lembaga survei yang mempublikasikan hasil hitung cepat. Dari hasil tersebut, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul.

Hasil tersebut didasarkan pada data yang masuk dalam penghitungan cepat. Saat dipublikasikan, data yang masuk rata-rata telah mencapai lebih dari 50 persen suara.

Menanggapi hasil hitung cepat, kedua pasangan capres dan cawapres pun sudah melakukan konferensi pers. Kedua pasangan sama-sama mengimbau agar masyarakat tetap menunggu publikasi dari KPU untuk hasil yang benar-benar resmi.

Kedua pasangan capres dan cawapres. (Kompas.com/Kristianto Purnomo)

Berikut rangkuman hasil hitung cepat sementara Pilpres 2019 per pukul 16.50 WIB.

Survei KedaiKopi

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin: 51,52 persen

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno: 44,91 persen

Survei Litbang Kompas

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin: 54,14 persen

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno: 44,91 persen

Survei LSI Denny JA

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin: 55,11 persen

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno: 44,89 persen

Survei Median

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin: 53,78 persen

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno: 44,89 persen

Kendati begitu, pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim pihaknya unggul di penghitungan nyata (real count) yang telah dilakukan Badan Pemenangan Nasional (BPN). Berdasarkan data tersebut, Prabowo mengatakan unggul 62 persen.

"Saya akan dan sudah jadi presiden semua rakyat Indonesia," ujar Prabowo.

Meski sudah lebih dulu dipublikasikan, hasil hitung cepat bukanlah hasil resmi Pemilu. Kamu harus tetap menunggu hasil hitung manual yang dilakukan KPU, ya. Yuk, sama-sama menunggu! (IB10/E04)