Harimau di Kebun Binatang New York Positif Corona

Harimau di Kebun Binatang New York Positif Corona
Koleksi harimau Kebun Binatang Bronx, New York, Amerika Serikat. (Reuters)

Amerika Serikat kini menjadi negara dengan jumlah penderita corona terbanyak di dunia. Nggak hanya manusia, di Kebun Binatang Bronx di New York, seekor harimau juga ikut tertular virus ini.

Inibaru.id - Seekor harimau di kebun binatang Bronx, New York City dinyatakan positif terjangkit covid-19. Sang harimau diyakini tertular dari salah satu pawangnya yang sudah terinfeksi namun nggak menunjukkan gejala apapun. Ini merupakan kasus pertama penularan virus corona dari manusia ke hewan hingga membuat sang hewan jatuh sakit.

Sang harimau berjenis harimau Malaya berusia 4 tahun bernama Nadia. Awalnya, Nadia mengalami batuk kering yang diduga adalah gejala corona. Tiga ekor harimau dan tiga ekor singa di kebun binatang tersebut juga mengalami gejala serupa.

Sejauh ini, pihak kebun binatang hanya memeriksa Nadia yang mengalami gejala paling parah. Menurut pernyataan Wildlife Conservation Society yang menangani pemeriksaan hewan di Bronx, Nadia terlihat sakit dan kehilangan nafsu makan.

Nadia kemudian menjalani rontgen, ultrasonografi dan tes darah. Mengingat New York merupakan episentrum corona di Amerika Serikat, akhirnya tes Covid-19 dilakukan terhadap Nadia. Di luar dugaan, dia ternyata positif terjangkit corona.

Seekor Harimau betina bernama Nadia positif terjangkit Corona. (Rick Stevens/ Aronga zoo/AFP).
Seekor Harimau betina bernama Nadia positif terjangkit Corona. (Rick Stevens/ Aronga zoo/AFP).

Sebenarnya, penularan COVID-19 dari manusia ke hewan tercatat telah beberapa kali terjadi di Hong Kong. Namun biasanya, hewan itu nggak akan sampai jatuh sakit. Nadia dan harimau lainnya di kebun binatang tersebut diprediksi akan segera sembuh.

Paul Calle, kepala dokter hewan di Kebun Binatang Bronx mengatakan jika ini pertama kalinya di dunia seseorang menulari hewan sampai hewan tersebut sakit.  Calle juga menyebut hasil penelitian pada Nadia akan dibagikan ke kebun binatang lainnya.

"Kami berharap temuan ini akan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam soal kasus ini," kata Calle lagi.

Cukup mengejutkan ya? Ternyata penularan virus corona bisa juga terjadi dari manusia ke hewan, Millens! (Kum/MG29/E07)