Hari Terakhir, Ganti Kartu ATM Pita Magnetik Biar Bisa Dipakai Lagi!

Hari Terakhir, Ganti Kartu ATM Pita Magnetik Biar Bisa Dipakai Lagi!
Saatnya mengganti kartu pita dengan ATM dengan chip ya. (Kompas/Luthfia Ayu Azanella)

Per Rabu, 1 Desember 2021, kartu ATM pita magnetik nggak bisa lagi dipakai untuk mesin ATM atau EDC. Kalau kamu masih memilikinya, segera ganti kartu ATM dengan chip ya!

Inibaru.id – Bank Indonesia (BI) memastikan kartu ATM pita magnetik nggak lagi bisa dipakai di mesin ATM ataupun EDC mulai hari ini, Rabu (1/12/2021). Nantinya, kartu ATM pita magnetik hanya bakal diperbolehkan untuk jenis tabungan dengan saldo maksimal Rp 5 juta saja, Millens.

Lantas, apa pengganti dari kartu ATM pita magnetik ini? BI menyebut penggantinya adalah kartu ATM dengan teknologi chip. Migrasi kartu ATM ke teknologi chip sejatinya baru akan diberlakukan pada 1 Januari 2022 mendatang, tapi kemudian dimajukan sebulan lebih awal.

Khusus untuk jenis tabungan dengan saldo maksimal Rp 5 juta, nasabah masih bisa memakai kartu ATM dengan teknologi lama. Tujuan dari adanya jenis tabungan ini adalah demi memfasilitasi orang-orang yang mendapatkan bantuan sosial.

Jadi, kalau pada hari ini kamu sudah mulai kesulitan menggunakan kartu ATM lama, besar kemungkinan kartumu masih memakai teknologi pita magnetik. Kamu harus segera datang ke kantor cabang terdekat untuk menukarnya dengan yang baru, ya?

Tanggapan dari Pihak Bank

Pihak bank umumnya telah melakukan sosialisasi penggantian kartu berteknologi pita magnetik ke ATM chip. (Medcom/Techcrunch)
Pihak bank umumnya telah melakukan sosialisasi penggantian kartu berteknologi pita magnetik ke ATM chip. (Medcom/Techcrunch)

Direktur Teknologi dan Operasional CIMB Niaga Mei Tjuen menyebut ATM yang dikeluarkan banknya sudah memakai teknologi chip semua. Pihaknya sengaja sudah melakukan migrasi sebelum batas waktu yang ditentukan oleh BI.

Sementara itu, dari pihak Bank Central Asia (BCA) mengaku sudah memberikan informasi kepada nasabah untuk segera mengganti kartu ATM-nya ke teknologi chip agar bisa tetap melakukan transaksi mulai hari ini.

“Segera tukar kartu debit Anda menjadi kartu debit chip di CS digital, Halo BCA, dan kantor cabang. Batas akhir penukaran tanggal 1 Desember 2021,” terang BCA melalui keterangan tertulisnya.

Mengapa Harus Ganti?

Penggantian teknologi kartu ATM pita magnetik ke ATM chip dianggap mampu menekan kasus skimming. (Medcom/Mohammad Rizal)
Penggantian teknologi kartu ATM pita magnetik ke ATM chip dianggap mampu menekan kasus skimming. (Medcom/Mohammad Rizal)

Jadi gini, Millens. Ada sejumlah alasan mengapa kartu ATM sebaiknya diganti dengan teknologi chip. Kalau menurut keterangan BCA, sebenarnya sejak 2015 lalu BI sudah mengeluarkan informasi terkait standar nasional teknologi chip serta pemakaian PIN dengan 6 digit kode di seluruh kartu ATM atau kartu debit di Tanah Air.

Nah, kartu ATM dengan teknologi chip ini nantinya memiliki sejumlah keuntungan, misalnya bisa dipakai untuk transaksi debit daring. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas secara daring seperti belanja, langganan streaming, dan lain-lain.

Yang utama sih, ya, kartu ATM dengan teknologi chip nggak akan mudah di-copy sebagaimana ATM dengan teknologi pita magnetik. Jadi, kasus skimming kartu ATM yang bisa membuat nasabah merugi pun bisa ditekan.

Hm, kartu ATM-mu masih memakai teknologi pita magnetik, Millens? Segera ganti dengan ATM teknologi chip, ya! (Kat/IB09/E03)