Hari Pertama Masuk Sekolah, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Hari Pertama Masuk Sekolah, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?
Hari pertama masuk sekolah. (Smansakra.sch.id)

Bagi sebagian orang, hari pertama masuk sekolah ibarat bencana. Yap, karena kamu harus memulai semuanya dari awal. Supaya hari pertamamu nggak kacau, hal-hal kecil ini patut kamu lakukan.

Inibaru.id - Libur panjang usai. Kini, waktunya sekolah dimulai lagi ya, sobat Millens. Bagi kamu yang jadi siswa baru, rasa senang dan galau bisa jadi tengah kamu rasakan. Pertanyaan seperti apa saja yang mesti dibawa, gimana sifat teman-teman sekelas nanti, hingga seabrek tugas yang dibebankan, mungkin sangat menghantuimu. Nah, supaya nggak galau, hal-hal ini bisa kamu lakukan supaya siap menghadapi hari pertama sekolah.

  1. Bangun Lebih Pagi

https://weeklygravy.com/wp-content/uploads/2013/11/earlyrisers.jpg

Susah bangun pagi adalah masalah yang umum terjadi setelah libur panjang. (Weeklygravy.com)

Nggak dimungkiri, suasana liburan kadang mengubah pola tidur seseorang. Memiliki waktu lebih banyak untuk bermain atau sekadar menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga menjadi pilihan yang sangat umum. Alhasil karena terlalu lelah bermain, kamu sering bangun menjelang siang, apalagi keesokan harinya nggak ada agenda penting. Nggak heran juga kalau di hari pertama sekolah, kamu menjadi susah bangun pagi.

Bila kamu tinggal di perkotaan dengan arus lalu lintas yang padat, kamu harus sadar diri untuk bangun lebih pagi. Bangun lebih pagi bisa memberimu waktu untuk sarapan, mengecek barang bawaan apa saja di tasmu, sekaligus berangkat lebih awal. Jadi, kamu nggak perlu khawatir terlambat di hari pertama sekolah.

  1. Berpakaian yang Rapi

https://i.ytimg.com/vi/PHNJEPEbH_I/maxresdefault.jpg

Pastikan seragammu rapi, bersih, dan wangi. (Ytimg.com)

Harus diakui, penampilan adalah salah satu hal yang paling sering diamati orang lain. Karena itu, perhatikan penampilanmu saat hari pertama masuk sekolah.

Ada baiknya, sehari sebelum masuk sekolah, kamu berkeramas dan memotong kuku. Bisa juga memotong rambut agar terlihat lebih fresh. Oh iya, cek juga apakah seragammu sudah disetrika dan sepatumu sudah dicuci. Kalau belum, segera persiapkan kedua hal itu.

  1. Nyari Tempat Duduk

https://moneycrashers-sparkchargemedia.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2011/06/high-school-classroom-1-918x516.jpg

Pilih kursi yang menyenangkan untukmu. (Moneycrashers.com)

Mau menghindari guru yang sadis atau teman yang nggak asik? Datang lebih awal memberimu keuntungan ini, lo. Selain terbebas dari macet, kamu juga bisa memilih kursi mana yang pas untukmu selama satu semester ke depan. Eh, tapi ini nggak berlaku kalau wali kelasmu menerapkan aturan pindah tempat duduk setiap seminggu sekali, ya. Jadi, kalau kebetulan wali kelasmu seperti ini, terima saja, Millens. Gonta-ganti tempat duduk dan bertukar teman sebangku juga seru, kok. Dengan begitu, kamu bisa punya teman baru dan nggak gampang bosan dengan suasana kelas.

  1. Menyapa Teman Baru

http://2.bp.blogspot.com/-9XTQnC8DAFs/Ta5R7n7fuOI/AAAAAAAAXrA/wIUqrxZmgBQ/s1600/DIARY%2BOF%2BA%2BWIMPY%2BKID2.jpg

Berkenalan dengan teman baru. (Showbiznest.com)

Keuntungan lain yang kamu dapatkan dari datang lebih awal adalah punya waktu untuk berkenalan dengan teman baru. Karena kalian sama-sama baru, tentu saja kalian bisa ngobrol banyak hal. Kalau sudah kenal, kamu juga nggak susah nyari teman sebangku. Siapa tahu kalian makin akrab dan bisa menjadi sahabat. Menyenangkan, kan?

  1. Melihat Fasilitas Sekolah Bersama

https://www.grayson.edu/gettingstarted/How%20to%20Apply/dual-credit/High%20school%20students%20running%20in%20hall%20landing.jpg

Ajak temanmu untuk mengeksplorasi sekolah baru. (Grayson.edu)

Bagi kamu yang merupakan siswa baru, berkeliling sekolah merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa mengajak temanmu untuk menyusuri ruangan-ruangan yang ada di sekolah. Ajaklah dia berkeliling, siapa tahu dari sana kamu menemukan kesamaan hobi dengan teman barumu. Selain menemukan kesamaan, kalian mungkin juga menemukan spot favorit untuk ngobrol. Wah, seru nih!

Selamat belajar, Millens. Semoga hari pertamamu masuk sekolah menyenangkan. (IB15/E04)