Hari Pertama Asian Games 2018, Indonesia Kantongi Dua Medali

Hari Pertama Asian Games 2018, Indonesia Kantongi Dua Medali
Defia Rosmaniar saat memenangi medali emas taekwondo Asian Games 2018 (Kemenpora)

Indonesia sudah mengantongi dua medali pada hari pertama Asian Games 2018. Dua medali itu terdiri atas medali emas dan medali perak.

Inibaru.id – Sehari setelah upacara pembukaan Asian Games 2018, Indonesia langsung meraih dua medali. Satu medali emas didapatkan Defia Rosmaniar di cabang Taekwondo dan satu medali perak dipersembahkan Edgar Xavier di cabang Wushu.

Detik.com, Minggu (19/8/2018), menulis, Defia meraih medali emas saat berlaga di nomor tunggal putri poomsae. Ditonton langsung Presiden Joko Widodo di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Defia mengalahkan Marjan Salahshouri dari Iran. Defia mengumpulkan poin 8.690, jauh lebih banyak dari Marjan yang hanya meraih 8.470 poin.

Pengorbanan Defia untuk mendapatkan emas di Asian Games nggak main-main. Wanita asal Bogor ini bahkan sampai melewatkan pemakaman ayahnya pada 19 April lalu karena masih menjalani masa latihan di Korea.

“Medali ini untuk keluarga, terutama ayah saya. Juga untuk pelatih dan teman-teman yang selalu sepenuh hati mendukung saya. TC di Korea sejak Maret hingga Agustus sangat berat karena saya harus jauh dari segalanya, tapi saya bahagia karena banyak yang mendukung dan meraih hasil terbaik,” ungkap Defia sesaat setelah menang.

Dengan raihan medali emas ini, Defia berhak mendapatkan hadiah uang senilai Rp 1,5 miliar. Selain mendapat bonus, Defia juga mencetak sejarah sebagai atlet taekwondo pertama yang menyumbang medali emas bagi Indonesia di Asian Games.

Beberapa jam sebelum Defia menyumbang medali emas, Edgar Xavier terlebih dulu membawa pulang medali perak. Atlet berusia 19 tahun ini meraih medali perak dari cabang Wushu nomor Changquan.

Dia adalah atlet pertama yang meraih medali bagi Indonesia di ajang Asian Games 2018. Edgar juga menjadi pria pertama yang menyumbangkan medali di cabang wushu. Sebelum ini, tujuh medali dari cabang seni bela diri itu dipersembahkan atlet putri.

Terima kasih atas perjuangannya, Defia dan Edgar. Semoga target 16 medali emas yang ditetapkan Kemenpora bisa dicapai bahkan dilampaui ya. (IB09/E04)