Hari Natal, Muhammad David Riyan Hidayat Banjir Pesanan Patung Yesus

Hari Natal, Muhammad David Riyan Hidayat Banjir Pesanan Patung Yesus
Bengkel kerajinan kayu Muhammad David Riyan Hidayat panen orderan patung Yesus untuk Hari Natal 2021. (Radar Kudus/Moh Nur Syahri Muharrom)

Berkah Natal dirasakan perajin kayu Muhammad David Riyan Hidayat. Jelang perayaan Hari Natal 2021, bengkel kerajinannya dibanjiri pesanan Patung Yesus. Seperti apa ya kisahnya?

Inibaru.id – Berkah Hari Natal tahun ini bisa dinikmati banyak orang. Salah satunya adalah Muhammad David Riyan Hidayat. Bisnis kerajinan patungnya dibanjiri pesanan Patung Yesus. Seperti apa ya ceritanya?

David, nama panggilannya, adalah seorang perajin kayu di Desa Jambu Timur, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Di gudang mebel yang dia miliki, ada empat orang yang telaten membuat sejumlah kerajinan. Di sana terlihat juga puluhan patung dengan tema Nasrani yang memang dipesan banyak orang menjelang Hari Natal 2021.

Sembari membuat patung Bunda Maria sedang membopong bayi, Ryan menjelaskan tentang pesanan patung bertema kerohanian yang meningkat drastis tahun ini. Dia bahkan menyebut pesanannya meningkat 80 persen dari biasanya.

“Karena pandemi, tahun lalu penjualan sempat menurun. Alhamdulillah, tahun ini penjualan kembali naik sampai 80 persen. Saat ini kami sudah menjual 20 patung,” terang David, Rabu (22/12/2021).

Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan David untuk membuat satu patung? Kalau soal ini, tergantung ukuran patung sekaligus tingkat kesulitan patung yang dipesan. Proses pembuatannya biasanya membutuhkan waktu satu sampai tiga bulan. Menariknya, karena pelanggannya kebanyakan sudah tahu kalau pembuatan patung cukup lama, mereka biasanya memesan jauh-jauh hari sebelum Natal, yakni tiga sampai empat bulan sebelumnya.

Selain Patung Yesus, patung Bunda Maria juga dipesan banyak orang di Hari Natal. (Betanews/Kartika Wulandari)
Selain Patung Yesus, patung Bunda Maria juga dipesan banyak orang di Hari Natal. (Betanews/Kartika Wulandari)

“Kalau ukuran patungnya kecil, satu bulan biasanya sudah jadi. Tapi, kalau patungnya berukuran dua meter, bisa sampai tiga bulan. Pengerjaannya sesuai pesanan,” ujar David.

Soal harga, juga bervariasi bergantung pesanan, Millens. Kalau ukuran patungnya sekitar 50 cm, harganya Rp 10 juta. Ada juga patung yang dihargai Rp 70 juta lo. Kalau yang ini sih bisa jadi ukurannya sampai 2 meter dan tingkat kerumitan pembuatannya tinggi.

Pemesan patung yang dilayani David ternyata kebanyakan berasal dari luar Jawa, lo. Dia mengaku melayani pelanggan dari Kalimantan, Papua, Manado, serta Katedral Palembang. Patung yang paling banyak dipesan adalah Yesus yang disalib, Bunda Maria, Yesus Gembala, serta relief perjamuan kudus.

“Semua patung yang dipesan sudah di-finishing. Saat tiba di tangan pemesan, siap digunakan,” tegas David soal patung buatannya.

Nah, terkait bahan kayu yang dia pakai untuk patung-patung tersebut, laki-laki berusia 28 tahun ini menyebut kayu jati yang jadi pilihan, khususnya dari Blora yang dianggap masuk Grade A. Ada juga kayu jati Grade B yang berasal dari Sulawesi.

David yang mempromosikan jualannya di situs David Mebel Jepara serta akun Instagram @davidmebeljepara ini mengaku memang memiliki spesialisasi pembuatan patung-patung perlengkapan gereja sejak 2010. Jadi, wajar kalau pesanannya di Hari Natal seperti sekarang ini naik, Millens. (Bet,Jaw/IB09/E05)