Hari Jadi ke-4, AMSI Tetap Berkomitmen Mewujudkan Ekosistem Digital yang Sehat

Hari Jadi ke-4, AMSI Tetap Berkomitmen Mewujudkan Ekosistem Digital yang Sehat
AMSI merayakan hari jadi ke-4 pada 18 April 2021. (AMSI)

Di usianya yang sudah mencapai 4 tahun, AMSI tetap konsisten ingin mewujudkan tujuan utama dari organisasi perusahaan media siber pertama di Tanah Air. Tujuan-tujuan ini sudah ada sejak kali pertama AMSI didirikan.

Inibaru.id – Pada 18 April 2021, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) merayakan ulang tahunnya yang ke-4. Di usia ini, AMSI memastikan diri untuk tetap konsisten ingin mewujudkan tujuan utama dari organisasi perusahaan media siber pertama di Tanah Air.

“Tiga tahun pertama merupakan era konsolidasi internal organisasi. Tahun keempat AMSI mengokohkan diri sebagai organisasi yang membawa visi menciptakan ekosistem digital yang sehat di Indonesia,” terang Ketua Umum AMSI Wanseslaus Manggut di Jakarta pada Senin (19/4/2021).

Jadi gini, Millens, AMSI didirikan dengan dukungan 26 media daring. Deklarasi pendiriannya berlangsung pada 18 April 2017 di Dewan Pers. Sejumlah media arus utama yang berkantor di Jakarta ikut serta seperti Kompas.com, Tempo.co, Detik.com, Republika.co.id, Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Viva.co.id, Okezone.com, Tirto.id, Suara.com, CnnIndonesia.com, Kumparan.com, Dream.co.id, Tribunnews.com, Bisnis.com, Thejakartapost.com, Metrotvnews.com, Arah.com, Rimanews.com, Beritasatu.com, dan Otonomi.co.id. Selain itu, sejumlah media lokal layaknya Beritajatim.com, Jatengpos.co.id, Riauonline.co.id, serta Kabarmakassar.com juga ikut mendukung.

Terdapat tiga misi utama yang dicanangkan oleh AMSI, yaitu:

1.       Memperjuangkan perundang-udangan yang menjamin dan melindungi kemerdekaan pers.

2.       Meningkatkan profesionalisme media siber yang berpedoman pada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

3.       Membangun Ekosistem Bisnis Media Digital yang Mengedepankan Jurnalisme Berkualitas di tingkat daerah ataupun nasional.

Selama empat tahun berdiri, AMSI sudah melakukan sejumlah hal. Sebagai contoh, sudah ada Program Cek Fakta untuk seluruh media anggotanya. Program ini menjadi penangkis begitu banyak hoaks yang beredar di Pilpres 2019 serta Pilkada 2020. AMSI juga mampu memetakan lansekap bisnis media digital pada awal tahun 2021 ini. Pemetaan ini didasari dari survei yang melibatkan 100 media daring di Indonesia.

Kini, total anggota AMSI mencapai 338 media siber yang ada di 21 provinsi. AMSI juga sudah masuk sebagai Konstituten Dewan Pers sejak 2020. Melihat fakta ini, AMSI pun ingin menguatkan media-media anggotanya dengan sejumlah program pelatihan dan kolaborasi pasca-kongres II.

“Masa depan media daring membutuhkan model bisnis yang sesuai, yang nggak hanya mampu menarik pemodal dan pemasang iklan tapi juga menguntungkan pembaca, sekaligus mampu menjaga indepedensi newsroom,” terang Ketua Badan Pertimbangan dan Pengawas AMSI Sapto Anggoro yang juga merupakan CEO Tirto.id.

Semoga di usia yang sudah mencapai empat tahun ini, AMSI bisa tetap menjadi pemimpin jurnalisme media daring Indonesia di masa depan, ya, Millens. (IB09/E05)