Kirab Obor Asian Para Games 2018 Dimulai dari Surakarta

Kirab Obor Asian Para Games 2018 Dimulai dari Surakarta
Kirab obor Asian Para Games 2018 dimulai pada Rabu (5/9/2018). (Tabloid Bola/Aprelia Wulansari)

Kirab obor Asian Para Games bakal dimulai pada Rabu (5/9/2018) di lokasi api abadi Mrapen, Grobogan. Setelah itu, obor akan dibawa ke Kota Surakarta dan diarak beberapa pejabat, termasuk Wali Kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo.

Inibaru.id – Sebagaimana Asian Games 2018, ajang Asian Para Games 2018 juga mengadakan prosesi kirab obor. Berdasarkan rencana, kirab obor Asian Para Games 2018 bakal dimulai pada Rabu (5/9/2018), di Surakarta, Jawa tengah.

Berbeda dengan Asian Games yang harus mengambil api di New Delhi, India. Api yang digunakan pada kirab obor Asian Para Games diambilkan dari api abadi Mrapen, Grobogan. Menurut Ketua Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (Inapgoc) Raja Sapta Oktohari, pengambilan api abadi di Mrapen, Grobogan, dilakukan pada pukul 10.00 WIB seperti ditulis Antaranews.com, Selasa (4/9).

Api itu akan disimpan dalam lentera dan dibawa menuju Kantor National Paralympic Committee (NPC) yang berlokasi di Jalan Ir. Sutami, Surakarta selama dua jam. Setelah itu, api obor Asian Para Games akan diarak menuju Bundaran Curuh melewati Jalan Ir. Juanda, perempatan Warung Pelem, Pasar Gede, dan berakhir di Pendapa Balai Kota Pemkot Surakarta.

Beberapa pejabat yang membawa obor ini secara estafet adalah Wali Kota Surakarta F.X Hadi Rudyatmo dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Setelah Surakarta, kirab obor ini akan berlanjut ke Ternate pada 9 September mendatang, bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional. Selanjutnya, obor akan dikirab di Makassar (12/9), Pulau Bali (16/9), Pontianak (18/9), Medan, (23/9), Pangkal Pinang (26/9), dan diakhiri di Jakarta (30/9). Obor itu nantinya akan dinyalakan pada Opening Ceremony Asian Para Games 2018.

Oh iya, obor yang digunakan pada kirab Asian Para Games 2018 punya motif berbeda dengan obor Asian Games 2018. Obor kali ini bermotif batik parang yang mewakili Indonesia sebagai tuan rumah. Ada juga tiga cincin yang melambangkan kecepatan, kekuatan, dan prestasi. Huruf barille pun tertulis di obor tersebut untuk memudahkan atlet tunanetra yang nantinya akan membawa obor seperti ditulis Cnnindonesia.com, Rabu (5/9).

Atlet Sudah Siap

Sementara itu, Presiden NPC Senny Marbun menyebut atlet perwakilan Indonesia telah melakukan pemusatan latihan di Solo sebelum berlaga di Jakarta-Palembang. Sebagian atlet juga telah melakukan uji coba ke luar negeri dan hasilnya cukup memuaskan.

“Target di Asian Para Games 2018 semoga Indonesia bisa memperbaiki peringkat. Sebelum ini, di Asian Games 2014 Korea Selatan kita ada di posisi sembilan. Tahun ini diharapkan naik jadi enam atau tujuh,” ungkap Senny.

Indonesia menargetkan 17 medali emas dari cabang bulu tangkis, angkat berat, catur, renang, atletik, dan balap sepeda.

Semoga atlet-atlet Indonesia bisa meraih prestasi di ajang Asian Para Games 2018 yang diadakan 8-16 Oktober mendatang ya, Millens. Yuk, terus dukung atlet-atlet Indonesia! (IB09/E04)