inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Harga Pertamax Turbo Turun di Tengah Isu Kenaikan Pertalite, Kok Bisa?
Kamis, 1 Sep 2022 16:51
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Antrean masyarakat di SPBU karena isu kenaikan harga BBM. (Media Indonesia/Ramdani)

Antrean masyarakat di SPBU karena isu kenaikan harga BBM. (Media Indonesia/Ramdani)

Di tengah kekhawatiran kenaikan harga BBM subsidi per 1 September 2022, pemerintah justru menurunkan harga Pertamax Turbo (RON 98), Dexlite (CN 51), dan Pertamina Dex (CN 53). Apa penyebabnya?

Inibaru.id – Berhari-hari isu kenaikan harga BBM menjadi buah bibir masyarakat. Banyak yang meyakini, Pertamax dan Pertalite akan dijual lebih mahal per 1 September. Maka, SPBU di pelbagai tempat pun dipenuhi pengantre semalam.

Sayangnya, desas-desus kenaikan harga BBM itu akhirnya nggak terbukti. Entah karena ditunda atau memang nggak ada. Sebaliknya, tiga produk BBM nonsubsidi yakni Pertamax Turbo (RON 98), Dexlite (CN 51), dan Pertamina Dex (CN 53), justru mengalami penurunan harga hari ini, Kamis (1/9/2022).

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, Pertamina memang perlu menurunkan harga nonsubsidi, menyesuaikan perkembangan harga tren minyak dunia yang fluktuatif.

Namun, hal ini nggak berlaku untuk BBM subsidi seperti Pertalite, lo. FYI, berbeda dengan Pertalite yang masih mendapatkan subsidi dari pemerintah, harga BBM nonsubsidi mengikuti harga minyak dunia.

Harga BBM nonsubsidi turun karena mengikuti harga minyak dunia. (Malukuterkini)
Harga BBM nonsubsidi turun karena mengikuti harga minyak dunia. (Malukuterkini)

Aturan tersebut tertera dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No.62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU.

Nah, karena saat ini harga minyak dunia cenderung menurun, harga minyak nonsubsidi pun mengikuti.

“Penyesuaian harga BBM Pertamax Turbo dan Dex Series adalah bukti komitmen Pertamina untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Irto, Kamis (1/9/2022).

Namun, ada perbedaan penurunan harga BBM nonsubsidi antara satu daerah dengan daerah lainnya, Millens. Irto mengatakan, hal ini karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah,” ungkapnya.

Lalu, gimana dengan BBM subsidi? Irto menegaskan, pasokan BBM subsidi nasional saat ini masih tergolong aman dan harganya masih sama dengan bulan sebelumnya. Nggak ada yang berubah.

“Stok aman. Namun, kami mengimbau masyarakat untuk membeli BBM sesuai dengan kebutuhan saja,” saran Irto.

Adakah yang semalam ngantre Pertalite di SPBU karena khawatir harganya bakal naik hari ini? Ehm, tenang, kamu nggak sendirian, kok! (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved