Harga Paket Data Internet Indonesia Termasuk Paling Murah Sedunia

Harga Paket Data Internet Indonesia Termasuk Paling Murah Sedunia
Harga paket data internet Indonesia masuk daftar termurah di dunia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sebuah riset di Inggris membuktikan kalau harga paket data internet Indonesia termasuk paling murah sedunia. Kalau soal kualitas dan kecepatan, apakah sudah cukup baik?

Inibaru.id – Di zaman serba teknologi seperti sekarang, paket data internet telah menjadi salah satu kebutuhan utama sehari-hari. Kalau sampai nggak ada internet di ponsel, pasti rasanya hampa, banget, ya Millens. Tapi, kamu pernah terpikir nggak kalau harga paket data internet Indonesia itu salah satu yang paling murah di dunia?

Fakta mengejutkan ini terkuak dari riset yang dilakukan oleh Cable.co.uk. Riset ini dilakukan untuk membandingkan harga paket data internet dari 230 negara sekaligus bagaimana kualitasnya. Nah, sayangnya, meski di Indonesia termasuk murah, kalau soal kualitas, paket data kita juga dianggap “murahan”.

Jadi, rata-rata harga paket data internet di Indonesia adalah Rp 6 ribu alias 0,42 Dollar AS untuk mendapatkan 1GB internet. Harga ini adalah yang termurah nomor 12 di dunia. Detailnya, di Indonesia, ada lo paket data internet paling murah untuk kuota 1 GB seharga Rp 2.500 atau 0,17 Dollar AS. Kalau yang paling mahal sih Rp 42.500 atau sekitar 2,94 Dollar AS untuk mendapatkan kuota yang sama.

Data ini diambil dari 53 paket data internet yang ditawarkan di Tanah Air. Sayangnya, siapa saja operator yang dilibatkan dalam riset ini nggak diungkap. Satu hal yang pasti, kalau dibandingkan dengan harga paket data internet di negara-negara Asia Tenggara lain, kita paling murah. Contohlah, harga kuota 1GB di Vietnam yang merupakan termurah kedua di ASEAN, harganya 0,49 Dollar AS.

Sayangnya, internet Indonesia tergolong lemot. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sayangnya, internet Indonesia tergolong lemot. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Masalahnya, di balik harga murah yang menggiurkan ini, kecepatan paket data internet Indonesia juga menyesuaikan. Intinya sih, kita sudah terbiasa dengan internet yang lemot. Kalau menurut data Ookla pada Maret 2021, kalau mau mengunduh atau mengunggah, rata-rata kecepatan internet di Indonesia hanyalah 17,74 Mbps.

Gara-gara sabda “internet cepat buat apa” ini juga, kecepatan internet Indonesia hanyalah di urutan 115 dari total 140 negara. Kalau di Asia Tenggara sih, kita paling lemot dari yang lain.

Dalam riset yang dilakukan pada Desember 2020 sampai 25 Februari 2021 ini, disebutkan bahwa negara dengan harga paket data internet termurah di dunia adalah Israel dengan rata-rata 0,30 Dollar AS untuk mendapatkan 1 GB. Kalau di-Rupiahkan sih sekitar Rp 4.278 saja.

Sebaliknya, paket data internet termahal di dunia adalah di Guinea Ekuatorial. Di negara yang ada di Afrika Barat ini, kamu harus merogoh kocek 49,67 Dollar AS hanya untuk paket data internet 1 GB. Kalau di-Rupiahkan, sangat mahal, lo, yakni sekitar RP 708 ribu!

Harga paket data internet di Indonesia buat ponselmu memang termasuk murah, ya Millens. Kalau soal kecepatan, apakah kamu sudah merasa puas saat menggunakannya? (Kum/IB09/E05)