Harga Minyak Dunia Kini Minus, BBM Nggak Ikut Turun?

Harga Minyak Dunia Kini Minus, BBM Nggak Ikut Turun?
Stasiun pengisian BBM (Inibaru/Triawanda Tirta Aditya)

Turunnya harga minyak dunia hingga menembus angka minus nggak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah. Namun, penurunan ini nggak berdampak pada harga jual BBM di Indonesia. Berikut penjelasannya,

Inibaru.id – Sejalan dengan merabaknya virus Corona, harga minyak dunia pun ikut anjlok. Tercatat, mulai awal Maret 2020 harga minyak dunia terus menurun hingga kini menembus angka minus.

Awal April 2020 lalu, OPEC+ melakukan perundingan tentang produksi minyak dunia. Hasilnya adalah kesepakatan untuk memangkas produksi minyak sampai 9,7 juta barel per hari di bulan Mei dan Juni 2020. Kesepakatan ini masih mungkin diperpanjang jika pandemi Covid-19 masih belum bisa dikendalikan.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi harga minyak dunia. Hal ini disebabkan oleh menurunnya permintaan minyak sebagai imbas dari negara-negara yang menerapkan Lockdown. Pandemi ini juga melemahkan ekonomi secara global.

Kalau kamu bertanya-tanya, kok bisa sih harga minyak sampai minus tapi nggak berdampak pada perubahan harga BBM? Ada setidaknya beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Pertama, harga minyak yang dirujuk adalah harga minyak mentah kontrak berjangka. Minyak jenis ini sering diperjualbelikan oleh para spekulan dan pihak yang memakainya seperti kilang minyak atau industri maskapai penerbangan.

Kedua, terdapat banyak jenis minyak mentah seperti Brent, West Texas Intermediate (WTI), OPEC, dan lain-lain. Nah harga minyak yang menembus minus merupakan jenis WTI yang jatuh hingga ke teritori negatif dengan transaksi minus US$ 37,63/barel pada Selasa (21/4/2020) pukul 05.16 WIB.

Hal ini disebabkan oleh mobilisasi manusia yang semakin minim membuat bisnis yang menggunakan bahan bakar minyak juga berkurang. Permintaan terhadap minyak merosot tajam padahal pasokan minyak masih banyak. Ditambah dengan kontrak pengiriman yang hanya berlaku sampai bulan Mei 2020 saja, maka minyak ini seperti menjadi barang yang tidak diinginkan siapapun. Hal inilah yang membuat harganya turun drastis.

Harga BBM di Indonesia belum turun meski harga minyak dunia jatuh (mobil123)
Harga BBM di Indonesia belum turun meski harga minyak dunia jatuh (mobil123)

Menanggapi hal ini, pemerintah masih belum mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan harga BBM di Indonesia.  Pemerintah masih terus mencermati perkembangan global sekaligus mempertimbangkan kondisi energi di Indonesia.

“Pertimbangan yang dicermati ialah kurs rupiah yang juga melemah dan konsumsi BBM jauh menurun. Bahkan di beberapa kota seperti Jakarta penurunan terjadi hingga 50%. Penurunan harga BBM JBU (Pertamax cs) pun sebelumnya telah terjadi 2 kali pada awal tahun 2020 . Hingga saat ini Indonesia masih terhitung salah satu harga BBM yang temurah di Asia Tenggara dan beberapa negara di dunia lainnya,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementrian ESDM Agung Pribadi.

Hal ini berarti, jika harga BBM juga diturunkan saat konsumsi BBM menurun akibat pandemi corona, bisa jadi Pertamina akan mengalami kerugian yang cukup besar. Hal inilah yang membuat pemerintah belum menurunkan harganya.

Meskipun harga BBM nggak ikut turun, nggak perlu kecewa berlebihan ya, Millens? Semoga pandemi ini segera mereda dan kamu bisa beraktivitas seperti biasa. (Cnb/MG31/07)