Agar Lebih Bermakna, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Kumpul Keluarga!

Agar Lebih Bermakna, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Kumpul Keluarga!
Jangan lakukan Ini bila pengin Lebaranmu bermakna. (Muvilla.com)

Saat Lebaran, masyarakat kerap kali mengadakan acara kumpul keluarga besar. Nah, agar acara itu lebih bermakna,jangan lakukan hal-hal berikut ya, Millens.

Inibaru.id – Lebaran nggak hanya menjadi momen untuk saling memaafkan, tapi juga momen tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar. Kerap kali, saat berkumpul dengan keluarga atau silaturahmi ke sanak saudara, kamu malah asyik sendiri dengan duniamu. Karena itu, kamu nggak bisa merasakan kehangan momen tersebut.

Nah, agar momen berkumpul dan silaturahmimu lebih bermakna, sebaiknya kamu nggak melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Sibuk dengan Gawai

Gunakan gawai seperlunya saja agar anggota keluarga nggak merasa tersisihkan. (Racenteur.net)

Kebersamaan dengan orang-orang terkasih akan terasa indah jika kamu bisa sejenak melepaskan diri dari gawaimu. Kamu bisa bermain gawai kapanpun di luar rumah, tapi orang-orang yang kamu sayangi nggak bisa setiap saat kamu temui. Jadi, ayo taruh gawaimu sejenak dan bangunlah komunikasi bersama mereka.

Eh, tapi kalau sesekali swafoto dan mengunggah foto kebersamaan keluarga di media sosial nggak apa-apa sih. Asal jangan dikit-dikit cekrek langsung unggah ya, Millens. Nanti kamu malah dikira kembarannya bintang iklan Ir*t*logy lagi. Ckck.

  1. Berlebih-lebihan dalam Mengonsumsi Makanan

Jangan rakus. (Youtube.com)

Pada acara kumpul keluarga besar, biasanya tuan rumah menyediakan beragam hidangan lezat. Kalau kamu nggak mau dijuluki Patrick KW 2, jangan lahap semua makanan itu, Millens. Makanlah secukupnya. Lebih banyak bangun dialog dengan anggota keluarga lain, terlebih yang sudah lama nggak ketemu.

  1. Berlebih-Lebihan dalam Berpakaian

Jangan memakai pakaian dan perhiasan berlebihan saat kumpul keluarga. (Mitramini.com)

Kumpul keluarga memang acara yang jarang terjadi. Namun, tidak berarti kamu harus terlihat glamor saat acara kumpul keluarga berlangsung. Apalagi kamu pakai perhiasan serenteng, Millens. Duh, nggak banget deh.

Alih-alih pengin dibilang kaya, kamu malah bisa dikucilkan bila memakai pakaian dan perhiasn secara berlebihan. Jadi, pakai pakaian sopan dan aksesori secukupnya saja ya.

  1. Hindari Pertanyaan "Nggak Penting"

Jaga obrolan dengan anggota keluarga yang lain. (Hipwee.com)

Acara kumpul keluarga semestinya menjadi acara yang menyenangkan. Namun, acara itu bisa jadi mengerikan bila kamu mencecar anggota keluarga lain dengan pertanyaan-pertanyaan klasik seperti "Kapan nikah?", "Kapan wisuda?", atau "Kapan punya anak?".

Pertanyaan-pertanyaan itu memang kelihatan sepele tapi belum tentu orang yang kamu tanyai menganggap sama. Jangan sampai silaturahmimu terputus gara-gara melontarkan pertanyaan-pertanyaan itu, ya.

  1. Jangan Gosip!

Jangan nge-gosip! (Vemale.com)

Momen kumpul keluarga adalah momen bersilaturahmi dengan anggota keluarga lainnya yang jarang bertemu. Momen ini akan sangat sia-sia bila kamu menghabiskannya dengan nge-gosip ngalor ngidul (kemana -mana). Alih-alih pengin mendapat pahala dari silaturahmi, kamu malah dapat dosa yang berlimpah gara-gara nge-gosip.

Semoga acara kumpul keluargamu menyenangkan dan bermakna, Millens. Salam hangat untuk keluarga di rumah.(IB15/E04)