Hal-Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Terjun ke Dunia Kerelawanan

Hal-Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Terjun ke Dunia Kerelawanan
Pertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan menjadi relawan. (youthmanual.com)

Banyak mahasiswa tingkat akhir yang mengisi waktunya dengan menjadi seorang relawan. Meskipun menjadi relawan merupakan langkah mulia, tapi kamu tetap harus memikirkan beberapa hal berikut.

Inibaru.id - Menjadi relawan atau volunteer biasanya populer di kalangan mahasiswa. Bergabung dengan lembaga dan bisa mengabdi ke masyarakat bisa menambah wawasan dan pengalamanmu sebelum terjun ke dunia kerja kelak.

Volunteer juga harus memiliki niat yang tulus untuk membatu sesama, bukannya sekadar keren-kerenan saja lo, Millens. Jangan sampai karena niatmu yang hanya ingin show off, kamu malah merasa terbebani dan sulit bersosialisasi. Nah sebelum dirimu memutuskan untuk menjadi volunteer, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Niat Tulus

Tanyakan kepada hatimu apa yang mendasari keinginanmu untuk menjadi seorang volunteer. Niat yang tulus akan membuat kegiatan kerelawananmu terasa menyenangkan dan bisa berdampak positif untuk lembaga dan masyarakat yang kamu bantu.

Cari Tahu Lembaga yang Cocok Untukmu

Penting untuk mengetahui latar belakang lembaga yang ingin kamu masuki. Lakukanlah riset dengan  membandingkan beberapa lembaga dan carilah lembaga terbaik yang juga mau menerima volunteer.

Hubungi Lembaganya

Setelah menentukan lembaga yang cocok untukmu, kamu perlu menghubungi lembaga tersebut ya, Millens! Dalam hal ini, calon volunteer juga harus menunjukkan niat  baik dan sifat yang aktif dengan cara menghubungi lembaga terkait.

Buat CV Menarik

Salah satu bentuk kesungguhanmu agar direktur lembaga ingin merekrutmu sebagai volunteer, kamu harus menunjukkannya dengan membuat CV yang menarik. Bubuhkan juga motto yang mengandung optimisme dan semangat.

Ambil Pengalaman Berharga

Ingat kembali ke niat awal bahwa kegiatanmu ketika menjadi seorang volunteer adalah membantu sesama. Jangan sampai kamu kehilangan tujuan ketika sudah terjun di masyarakat. Ambil nilai berharga dari setiap kegiatanmu menjadi seorang relawan.

Nah beberapa hal di atas bisa menjadi pertimbanganmu sebelum menjadi volunteer ya, Millens. Semoga niat muliamu membuahkan manfaat. (IB27/E05)