Buku Agendamu Lebih Menarik dengan Cara-Cara Ini

Buku Agendamu Lebih Menarik dengan Cara-Cara Ini
Ilustrasi buku agenda. (Hockeywildshop)

Meski catatan digital sudah tersedia di setiap ponsel, beberapa orang masih menggunakan buku agenda biasa. Kalau kamu yang termasuk punya buku agenda, hal-hal ini jangan lupa dicatat di buku itu ya!

Inibaru.id –  Setiap orang pasti punya kesibukan yang berbeda-beda saban hari. Ada yang selama seharian penuh hanya melakukan satu aktivitas yang menyita waktu. Ada pula yang melakukan lebih dari tiga kegiatan dalam sehari. Nah, supaya nggak bingung dan terlupa, ada baiknya kamu buat buku agenda.

Di tengah era digital seperti saat ini, orang-orang sangat dimudahkan dengan kehadiran fitur catatan di ponsel pintarnya. Namun, rupanya ada pula yang masih memilih menulis langsung semua agendanya di buku khusus. Nah, kalau kamu juga termasuk yang rajin mencatat di buku agenda, berikut lima hal yang perlu kamu perhatikan supaya catatanmu lebih menarik dan efektif.

Membuat Kolom Tambahan

Hasil gambar untuk buku agenda anak

Membuat kolom tambahan pada buku agenda. (Pinterest)

Buku agenda biasanya dipilih yang berbahan tebal dan berukuran kecil. Buku itu juga nggak bergaris. Nah, untuk mempermudah penulisan agenda, kamu bisa menambahkan kolom-kolom baru pada tiap lembaran buku, misalnya kolom-kolom tanggal, kolom-kolom nomor telepon penting, dan kolom-kolom kegiatan penting.

Mencatat Secara Detail

Hasil gambar untuk Buku catatan kecil

Mencatat agenda secara detail. (iStockphotos)

Ketika menulis jurnal kegiatan, nggak ada salahnya kamu mencatatnya secara detail. Kamu perlu menyertakan hari, tanggal, tempat, dan jam. Hal ini untuk mempermudahmu dalam memahami isi jurnal. Jika perlu, tulis juga hal-hal yang akan kamu lakukan setelahnya. Dengan ini, kegiatanmu akan terjadwal.

Catat Kegiatan Tertentu

Gambar terkait

Catat kegiatan yang penting dan utama saja. (Biksimg)

Dalam penulisan agenda, kamu nggak perlu mencatat seluruh kegiatanmu dengan sangat detail. Kamu bisa mencatat kegiatan-kegiatan tertentu yang penting terutama yang berkaitan dengan kewajibanmu. Kamu juga bisa memasukkan daftar-daftar penting ke dalam agendamu.

Membuat Daftar yang Akan Dilakukan (To Do List) dan Target Pencapaiannya

Gambar terkait

Membuat daftar yang akan dilakukan. (Theknot)

Susunlah buku agendamu dengan menulis daftar apa saja yang akan kamu lakukan baik per hari, per minggu, atau per bulan. Kamu juga bisa menulis daftar yang dilakukan pada setiap agenda misal pada agenda belanja, kamu bisa menulis daftar barang yang akan kamu beli.

Beri Tanda Khusus pada Catatan Penting

Hasil gambar untuk bullet journal agenda

Tanda khusus pada catatan penting. (Bulletjournal)

Saking banyaknya kegiatan per hari, jangan sampai acara pentingmu terlewat. Kamu bisa memberi tanda khusus atau catatan tambahan pada agenda penting. Kamu bisa menggunakan pensil warna-warni atau menandainya dengan penanda kertas. Dengan tanda khusus itu, perhatianmu bakal tertuju ke catatan penting saat kamu membuka buku agenda.

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu tulis di buku agendamu, Millens. Hayo, jangan sampai terlewat ya daftar agendanya! (IB07/E04)