Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Selama Karantina Mandiri

Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Selama Karantina Mandiri
Melakukan karantina mandiri. (Hellosehat)

Melakukan karantina bisa menjadi salah satu jalan untuk mencegah penyebaran virus corona. Sampai saat ini belum ada ketentuan pasti terkait lama waktu karantina selama virus masih menyebar. Apa saja yang mesti kamu lakukan saat karantina mandiri?

Inibaru.id – Karantina  merupakan sebuah tindakan berada di dalam sebuah ruang tertentu untuk sementara waktu. Dalam konteks corona (COVID-19), karantina diartikan pemisahan dan pembatasan gerak orang sehat terhadap suatu penyakit tertentu agar nggak tertular. Karantina dalam wabah corona yang telah merambah seperti sekarang ini ramai dilakukan untuk mencegah penyebarannya menjadi lebih luas.

Bahkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberi saran agar karantina ini dilakukan di rumah masing-masing atau mandiri. Jika karantina nggak dilakukan dikawatirkan bisa memperburuk keadaan diri sendiri dan membahayakan orang lain. Nah, berikut hal-hal yang harus kamu lakukan selama menjalani karantina mandiri.

Batasi Kontak dengan Orang dan Binatang

Membatasi kontak. (Hellosehat)<br>
Membatasi kontak. (Hellosehat)

Membatasi kontak dengan orang lain meskipun masih dalam satu keluarga merupakan anjuran selama karantina. Misal dengan tidur di kamar berbeda atau menggunakan kamar mandi yang berbeda jika memungkinkan. Hal lainnya adalah membatasi diri sendiri dan orang lain untuk saling berkunjung. Batasi pula kontak dengan binatang, terkhusus hewan peliharaan.

Jangan Berbagi Barang Pribadi

Jangan gunakan perabotan rumah untuk sementara. (Apartementtherappy)
Jangan gunakan perabotan rumah untuk sementara. (Apartementtherappy)

Perantara penularan virus COVID-19 terjadi melalui cairan tubuh yang mengandung partikel virus. Apabila cairan tubuh itu menempel pada barang kemudian barang itu kamu bagikan pada orang yang sehat, ada kemungkinan virus tersebut akan berpindah. Sebab itu, hindarilah berbagi barang pribadi pada orang lain seperti handuk, selimut, hingga alat-alat makan.

Bersihkan Perabotan Rumah

Membersihkan perabotan. (Sehatq)<br>
Membersihkan perabotan. (Sehatq)

Covid-19 ternyata bisa menempel di perabotan rumah yang kamu gunakan lo. Seperti meja, kursi, pintu, hingga peralatan makan yang kamu pakai sehari-hari. Sebelum memakai atau menyentuhnya, bersihkan dulu perabotan rumah dengan lap atau cairan disinfektan secara rutin.

Cuci Tangan dengan Rutin

Rajin mencuci tangan. (Shutterstock)<br>
Rajin mencuci tangan. (Shutterstock)

Sebelum kamu menyiapkan makan, cucilah tangan terlebih dahulu. Gunakan air yang mengalir dan gunakan pula sabun selama sekitar 20 detik. Setelah batuk, bersih, dan membuang lendir, jangan lupa juga untuk mencuci tanganmu. Sabun setidaknya akan membuat dirimu tetap bersih.

Nggak susah kan, Millens? Terus jaga kesehatan ya dan periksakan diri jika mengalami gejala tertentu ya! (MG26/E06)