Hal-hal Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Power Bank-mu
Power bank juga perlu perhatian biar nggak gampang rusak. (Adobestock)

Hal-hal Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Power Bank-mu

Meskipun sepele, ternyata ada beberapa hal yang bisa merusak power bank. Kira-kira apa saja ya?

Inibaru.id – Power bank adalah perkakas yang berisi daya listrik untuk mengisi ulang gawai kamu ketika daya baterai menurun. Karena benda ini sangat penting menunjang ponselmu ketika jauh dari sumber listrik, sudah selayaknya kamu melindungi power bank-mu biar awet. Berikut ini beberapa saran agar power bank-mu nggak gampang rusak. Apa saja ya?

Jangan Mengisi Terlalu Sering

Nggak semua jenis power bank memiliki daya tahan yang sama. Misalnya seperti Li-Ion yang Cuma bisa diisi hingga 500 kali isi ulang. Maka dari itulah jangan terlalu sering mengisi daya baterai, sebab bukan malah menambah awet tapi akan memperpendek usianya.

Jangan Isi Ulang Sebelum Dayanya Benar-benar Lemah

Biarkan dulu power bank hingga dayanya benar-benar lemah. Baru deh kamu boleh mengisinya. Ingat, kamu perlu memberi jeda. Jangan langsung mengisi dayanya kalau baru berkurang sedikit.

Segera Lepas Charger Saat Sudah Penuh

Mungkin kamu anggapan jika charger tetap menancap ke power bank saat dalam keadaan sudah penuh akan semakin memperbanyak dayanya. Padahal nggak. Justru hal tersebut akan memperpendek usia power bank. Hal ini juga berlaku pada handphone ya.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Power bank merupakan benda yang sensitif terhadap panas matahari. Jadi jika ingin power bank-mu awet, jangan letakan di sembarang tempat ya. Jaga suhu sekitar baik saat memakai maupun menyimpannya. Sudah sering dengar berita power bank di dalam mobil yang diparkir d tempat panas?

Jangan Pakai Kabel KW

Nah, ini yang perlu diperhatikan juga. Meskipun efeknya nggak instan, namun dalam mengisi ulang daya power bank dianjurkan untuk nggak pakai kabel charger smartphone. Tapi gunakanlah kabel aslinya yang biasanya telah tersedia satu paket bersama power bank tersebut.

Nah, itulah tips biar power bankmu awet dan tahan lama, Millens. Yuk, rawat power bank secara tepat. (IB28/E05)