Supaya Nyaman, Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Merayakan Tahun Baru

Supaya Nyaman, Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Merayakan Tahun Baru
Bermain kembang api saat Tahun Baru. (Klikdokter)

Tahun Baru memang asyik dihabiskan dengan berpesta bersama keluarga atau teman-teman. Nggak salah, kok. Namun, ada hal-hal yang perlu perhatikan saat merayakan Tahun Baru.

Inibaru.id – Menjelang pergantian tahun, sejumlah orang akan disibukkan dengan rencana-rencana merayakan Tahun Baru. Mulai dari membuat pesta kembang api, makan-makan hingga berpergian biasanya sudah direncanakan. Eits, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merayakan Tahun Baru, Millens.

Supaya pesta Tahun Barumu lancar, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Rencanakan Kegiatan

Rencanakan kegiatan untuk mengisi perayaan Tahun Baru. (Stidkiarrahmah)

Biar nggak kacau, perayaan Tahun Baru perlu kamu rencanakan dengan baik sejak jauh hari. Perencanaan yang matang akan membantumu menentukan kegiatan yang pengin dilakukan dan memilah waktu yang tepat. Misalnya kamu akan pergi berbelanja di pagi hari, menemui kerabat di siang hari, lalu menyiapkan pesta saat menjelang malam. Dengan begitu, kegiatanmu akan lebih terarah, Millens.     

Rencanakan Keuangan

Rencanakan keuangan. (Mommiesdaily)

Keuangan adalah salah satu faktor penting jika kamu pengin menggelar pesta pergantian tahun. Kendati diskon akhir tahun sangat menggiurkan, kamu tetap harus memperhatikan pengeluaran dengan membeli barang-barang yang kamu butuhkan saat pesta.

Bila ditelisik, memanfaatkan barang-barang lama untuk kepentingan dekorasi lebih baik daripada membeli barang baru. Oh iya, rencanakan juga angaran untuk hal-hal kecil seperti penyediaan camilan dan lain-lain.

Hati-Hati Saat Bermain Kembang Api

Hati-hati saat bermain kembang api. (Kumparan)

Bermain kembang api saat malam Tahun Baru memang seru, apalagi kalau dilakukan ramai-ramai. Namun, kamu harus tetap hati-hati ya, Millens. Kendati sudah didesain dengan aman, kembang api tetap berbahaya. Nyalakanlah kembang api di tempat luas seperti lapangan terbuka. Pastikan di atas tidak ada kabel listrik, lampu jalan, atau pohon yang menghalangi. Awasi juga anak-anak di bawah umur saat sedang bermain kembang api. Selain itu, pastikan juga agar pesta kembang api nggak mengganggu tetanggamu.

Hati-Hati Saat Berkendara

Hati-hati saat berkendara. (Utakatikotak)

Saat Tahun Baru, lalu lintas akan lebih padat daripada biasanya terutama di daerah pusat kota. Bagi sobat Millens yang nggak pengin kena macet, lebih baik hindari melintas di pusat kota atau jalan-jalan yang terkenal padat. Oh iya, berkendaralah dengan baik dan jangan tergesa-gesa. Perhatikan laju kendaraanmu. 

Menghormati Kepentingan Tetangga Lain

Menjaga ketenangan sebagai bentuk menghormati kepentingan antartetangga. (Rbth)

Perayaan Tahun Baru memang selalu identik dengan keramaian, tapi bukan berarti semua orang menikmatinya ya, Millens. Terkadang, ada juga tetangga yang lebih memilih beristirahat di rumah atau mencari ketenangan saat Tahun Baru. Jadi, jangan sampai perayaan Tahun Barumu mengganggu tetangga ya. Bila salah, kamu malah bisa cekcok dengan tetanggamu.

Jaga Kebersihan di Mana Pun Kamu Berada


Buang sampah di tempatnya. (Radar Karawang)

Selepas berpesta, jangan lupa untuk membersihkan sampah yang berserakan, ya. Jangan sampai tempat yang kamu gunakan untuk merayakan Tahun Baru kotor dengan sampah-sampahmu.

Bila hal-hal itu diperhatikan, perayaan Tahun Barumu bisa nyaman, Millens. Kegiatan apa nih yang bakal kamu lakukan saat malam pergantian tahun nanti? (IB07/E04)