Hal-Hal Ini Pasti Dirasakan Pengguna Sepeda Motor di Indonesia, Ngaku Deh!

Hal-Hal Ini Pasti Dirasakan Pengguna Sepeda Motor di Indonesia, Ngaku Deh!
Pengguna sepeda motor di Indonesia punya ciri khas dan pengalaman yang unik. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pada 2012 lalu, setidaknya 77 juta sepeda motor ada di Indonesia. Hal ini berarti, jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia juga sangat banyak. Mereka semua pasti pernah merasakan pengalaman-pengalaman ini, deh. Kamu juga?

Inibaru.id – Kalau menurut data pada 2012 lalu, jumlah sepeda motor di Indonesia mencapai 77 juta unit! Realitanya, jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia memang sangat banyak. Hal ini membuatmu bisa merasakan hal-hal unik yang juga dialami oleh pengguna sepeda motor lainnya.

Terkadang memang kamu nggak menyadarinya, namun berikut adalah beberapa suka dan duka pengguna sepeda motor Tanah Air. Apa saja, ya?

Helm Jadi Benda yang Wajib Dimiliki

Beda dengan pengguna mobil yang nggak membutuhkannya, helm seperti menjadi benda wajib bagi para pengguna sepeda motor. Tanpa helm, kamu bisa ditilang polisi kalau berkendara di jalan raya.

Sebenarnya sih, ya, penggunaan helm bukanlah soal apakah kamu akan ditilang polisi atau nggak. Helm penting untuk dipakai demi keamananmu saat berkendara. Jika tiba-tiba terjadi kecelakaan, setidaknya kepalamu aman dari benturan sehingga nyawamu pun bisa selamat. Selain itu, keberadaan kaca helm juga bisa mencegahmu kelilipan, Millens.

Nah, karena kebutuhan helm ini, pasti kamu bisa menemukan helm lebih dari satu di sebagian besar rumah di Indonesia. Versinya pun bisa bermacam-macam, Millens.

Punggung Kaki dan Tanganmu Belang

Bagi mereka yang selalu memakai sepatu setiap hari saat naik sepeda motor, mungkin nggak akan mengalaminya. Tapi, beda soal kalau kamu memakai sandal setiap hari, apalagi sandal jepit. Pasti punggung kakimu belang karena sering terpapar sinar matahari. Nah, di bagian yang tertutup tali sandal, akan terlihat lebih cerah dari biasanya.

Cuaca panas, debu, hingga hujan jadi
Cuaca panas, debu, hingga hujan jadi "musuh" pengguna sepeda motor Indonesia. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Hal yang sama juga berlaku pada kulit punggung telapak tanganmu, Millens. Pasti lebih hitam dari bagian lengan atas, kan? Ngaku, deh!

Persiapan Berkendara Seperti Mau Menghadapi Musim Dingin

Banyak bule yang keheranan dengan kebiasaan orang Indonesia yang satu ini. Sebelum kita memakai sepeda motor, pasti akan mempersiapkan diri layaknya akan menghadapi musim dingin. Jaket, sarung tangan, masker, kaus kaki, sepatu, dan perlengkapan lain akan dipakai. Tujuannya, demi menghadapi sengatan matahari dan cuaca panas di jalanan.

Meski awalnya terasa gerah, tetap saja saat berkendara peralatan-peralatan tersebut bisa melindungi tubuh kita dari sengatan matahari, Millens. Hal ini juga lebih aman bagi tubuh karena bisa mencegah lecet-lecet atau luka akibat kecelakaan.

Jas Hujan Harus Selalu Tersedia

Nggak hanya panas “musuh” para pengguna sepeda motor di Indonesia, hujan yang bisa saja turun tiba-tiba juga harus diantisipasi. Jika nggak, badan dan berbagai barang bakal basah kuyup. Bisa bikin masalah lebih besar, kan?

Sebagian orang memilih untuk berteduh sampai hujan reda. Sayangnya, hal ini memakan waktu yang nggak sedikit. Jadi, sebaiknya kamu sedia jas hujan di sepeda motor deh sebagai persiapan.

Apakah kamu juga seorang pengguna sepeda motor, Millens? Ngaku deh, pasti merasakan hal-hal tersebut, kan? (Hip/IB09/E05)