Hal-Hal Ini Sering Kamu Temukan Saat Ramadan

Bulan Ramadhan sudah tiba nih, Millens. Nah, memasuki bulan Ramadan pasti muncul hal-hal yang khas banget dengan Ramadan. Apa saja ya?

Hal-Hal Ini Sering Kamu Temukan Saat Ramadan
Hal-hal identik di bulan Ramadhan. (Gulalives.co)

Inibaru.id – Bagi umat muslim di dunia, bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu dan disebut-sebut sebagai bulan yang penuh berkah. Hal ini membuat mereka merayakannya dengan bersuka cita. Nggak terlepas dari itu, momen-momen khas bulan Ramadan juga turut hadir mewarnai kegiatan muslim saat menjalankan puasa.

Di Indonesia, terdapat beragam kegiatan yang kerap kali dilakukan orang Islam saat Ramadan. Inibaru.id telah merangkum kegiatan-kegiatan tersebut untuk Sobat Millens semua. Berikut hal-hal yang identik dengan Ramadan:

Ngabuburit

Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Anak-anak muda biasanya pergi jalan-jalan atau pergi ke masjid ikut pengajian sembari menunggu waktu berbuka pada sore hari. Mereka seringkali ngabuburit sekaligus mencari tempat makan untuk berbuka puasa.

Bukber (Buka Bersama)

Menjelang Ramadan, akun sosial media dan chat biasanya mendadak ramai karena ajakan buka bersama baik dari rekan kerja, teman kuliah atau teman sekolah. Grup yang biasanya sepi berubah jadi ramai cuma untuk menentukan bukber. Setelah bukber ya jadi sepi lagi deh. He-he.

Bukber kerap kali menjadi sarana silaturrahmi bagi suatu kelompok. Nggak jarang, mereka memanfaatkan bukber sebagai ajang reuni bagi mereka yang sudah lama nggak bersua.

Takjil

Ini nih yang paling diburu. Di Indonesia, takjil adalah makanan pembuka sebelum main course saat buka puasa. Jenis takjil pun beragam seperti kolak, kurma, sup buah, gorengan, dan lain-lain. Kamu dapat dengan mudah menemukan takjil karena biasanya dijajakan di pinggir jalan. Para pengelola masjid juga seringkali memberikan takjil untuk peserta pengajian yang diadakan majid saat sore hari.

Kegiatan Pesantren Kilat

Kegiatan pesantran kilat biasanya diadakan sekolah-sekolah atau instansi keagamaan dengan tujuan memperdalamilmu agama.  Kegiatan ini seringkali menyasar pelajar sekolah.

Tarawih dan Tadarus di Masjid

Tarawih menjadi ciri khas Ramadan karena salat yang satu ini hanya ada saat bulan suci. Masyarakat muslim biasanya berbondong-bondong memadati masjid terdekat untuk melaksanakan salat tarawih. Seusai tarawih, mereka juga menggelar tadarus yang biasanya diikuti anak-anak hingga remaja.

Main Petasan dan Kembang Api

Selain tahun baru, petasan dan kembang api juga identik dengan bulan Ramadan. Bahkan sebagian orang memiliki budget khusus untuk membeli petasan saat Ramadan. Namun, hal ini nggak dianjurkan pemerintah karena rawan terjadi kecelakaan saat bermain petasan, terlebih anak-anak. Sebagian orang juga merasa terganggu karena anak-anak sering menyalakan petasan di halaman masjid saat yang lain salat tarawih.

Nah, itulah hal-hal identik yang sering ditemukan saat Ramadan. Kalau kamu, kegiatan apa nih yang paling membekas di hati saat Ramadan? (IB07/E04)