Siap Hadapi Asian Paragames 2018, Kontingen Indonesia Bertolak ke Jakarta

Siap Hadapi Asian Paragames 2018, Kontingen Indonesia Bertolak ke Jakarta
Para atlet Asian Paragames 2018 berangkat ke Jakarta. (Bola.com)

Setelah menjalani latihan selama delapan bulan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, kontingen Asian Paragames Indonesia berangkat ke Jakarta pada Minggu (30/9/2018).

Inibaru.id – Gelaran Asian Paragames 2018 tinggal menghitung hari. Kontingen Indonesia pun sudah berangkat ke Jakarta pada Minggu (30/9/2018). Sebanyak 335 atlet dan ofisial dari kontingen Indonesia berangkat dari Bandara Adi Soemarmo, Boyolali untuk bersiap mengikuti Asian Paragames yang akan digelar pada 6–13 Oktober mendatang.

“Semua atlet dalam keadaan baik, sehat, dan siap bertanding. Kemarin ada satu atlet tenis meja yang mengalami masalah, tapi sekarang semua sudah baik dan siap berlaga di Asian Paragames. Kami melihat antusiasme semua atlet, ofisial, dan pelatih. Medali sudah di depan mata, tinggal bagaimana mereka berjuang untuk bangsa Indonesia,” tutur Wakil Ketua Kontingen Indonesia Bambang Haryanto seperti ditulis Merdeka.com, Minggu (30/9).

Sebelum berangkat ke Jakarta, para atlet sempat menjalani pelatihan selama delapan bulan di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Beberapa atlet dari cabang olahraga tertentu bahkan melakukan latihan hingga ke luar negeri. Latihan ini juga dipantau secara langsung Presiden Joko Widodo, Menteri Olahraga dan Pemuda Imam Nahrawi, dan Menteri Sosial Agus Gumiwang secara bergantian.

Berdasarkan rencana, Asian Paragames 2018 akan digelar di beberapa lokasi di Jakarta yakni Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome, dan JIExpo. Sebanyak 2841 peserta dari 43 negara akan bertanding dalam 18 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Kali ini, kontingen Indonesia menargetkan meraih 18 medali emas dalam ajang olahraga terbesar bagi penyandang disabilitas itu.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi tuan rumah ketiga yang menggelar Asian Paragames setelah Tiongkok pada 2010 dan Korea Selatan pada 2014 silam. Untuk mendukung perhelatan ini, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,7 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk akomodasi atlet hingga pembangunan infrastruktur bagi para penyandang disabilitas selama Asian Paragames 2018 berlangsung.

Semoga gelaran Asian Paragames 2018 berlangsung lancar dan sukses serta para atlet kontingen Indonesia dapat mencapai target yang sudah ditetapkan ya, Millens. Yuk, satukan semangat untuk mendukung kontingen Indonesia! (IB15/E04)