Habis Sahur Kok Langsung Tidur, Ini Dampaknya

Habis Sahur Kok Langsung Tidur, Ini Dampaknya
Ilustrasi tidur setelah sahur (Flickr/ Kiran Jonnalagadda)

Bangun di dini hari untuk menyantap sahur memang bisa membuat waktu tidur berkurang. Hanya, kamu nggak disarankan untuk langsung tidur. Jika dilakukan, akan muncul dampak kesehatan seperti berikut ini.

Inibaru.id – Banyak orang yang memilih untuk tidur kembali setelah menyantap sahur. Rasa kantuk yang sangat kuat menjadi alasan utama melakukannya. Sayangnya, kebiasaan ini ternyata nggak baik bagi kesehatan, lo, Millens.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Vivien Maryam, Sp.PD menyebutkan bila tidur setelah makan bisa meningkatkan risiko terkena masalah pada lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease).

Makanan yang baru masuk ke dalam lambung bisa kembali berbalik ke kerongkongan karena tubuh berada dalam posisi berbaring. Padahal, makanan ini sudah tercampur dengan asam lambung. Kamu pun akan merasakan sensasi panas atau tidak nyaman pada perut dan dada. Dalam dunia medis, hal ini dikenal dengan istilah heartburn.

“Efek nggak nyaman lainnya adalah menyebabkan tenggorokan kering dan serak akibat asam lambung yang naik sampai tenggorokan,” kata dr Vivien.

Alih-alih tidur setelah sahur, dr. Vivien lebih menyarankan kamu untuk melakukan hal-hal lainnya di waktu Subuh. Sebagai contoh, kamu bisa membaca Alquran. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan pekerjaan sehingga memberikan kesempatan makanan bisa benar-benar diolah di dalam perut dengan baik.

Beribadah setelah sahur lebih dianjurkan (Flickr/mrehan00)
Beribadah setelah sahur lebih dianjurkan (Flickr/mrehan00)

Apabila kamu ingin tidur kembali, sebaiknya memberikan jeda waktu sekitar 2 jam setelah makan. Hanya, karena di pagi hari biasanya kamu sudah mulai disibukkan dengan berbagai macam aktivitas. Sebaiknya kamu mengatur kembali waktu tidur agar nggak mudah mengantuk setelah sahur.

Kalau kamu tetap memilih tidur kembali setelah sahur, akan mengalami sensasi lemas dan kurang bertenaga saat bangun. Padahal, di pagi hari kamu sudah harus melakukan berbagai macam hal. Kamu pun akan menjadi kurang produktif, sulit berkonsentrasi, dan nggak bisa menyelesaikan berbagai macam tugas dengan baik.

Melihat fakta ini, sebaiknya kamu nggak tidur larut di bulan puasa. Bahkan, sebaiknya kamu tidur di waktu yang lebih awal dari biasanya agar nggak mudah kembali mengantuk usai santap sahur. Di siang hari, sempatkan untuk melakukan tidur siang agar bisa mencukupi kebutuhan tidur harian.

Gimana nih, Millens, kamu bisa menahan kantuk agar nggak langsung tidur setelah sahur, nggak, nih (Oke/MG31/E07)