Gurita Bisnis Kaesang Anak Jokowi, Kini Punya Uang Ratusan Milyar?

Gurita Bisnis Kaesang Anak Jokowi, Kini Punya Uang Ratusan Milyar?
Gurita bisnis Kaesang anak Presiden Jokowi. Beragam dan sukses. (Instagram @kaesangp)

Selain dikenal dengan guyonan receh di media sosial, Kaesang Pangarep putra sulung Jokowi juga adalah pebisnis ulung di usia muda. Apa saja sih Gurita bisnis Kaesang yang membuatnya memiliki pendapatan fantastis?

Inibaru.id – Nama Kaesang Pangarep nggak hanya dikenal sebagai putra bungsu Presiden Jokowi. Kaesang juga dikenal sebagai pebisnis ulung di usia yang sangat muda. Baru-baru ini, keputusannya untuk membeli saham dengan harga puluhan milyaran Rupiah membuat banyak orang terbelalak. Sebenarnya, seperti apa sih gurita bisnis Kaesang anak Jokowi ini hingga membuatnya bisa kaya raya?

Pada awal Desember 2021 ini, Kaesang membuat banyak orang terkejut krena membeli saham emiten PT Ranca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP). Saham yang dibeli memang hanya 8 persen. Tapi nilainya mencapai RP 92 miliar. Saking banyaknya uang yang dikeluarkan Kaesang, sejumlah buzzer politik sampai mengangkat tagar #DarimanaDuitKaesang untuk mempertanyakan kekayaan pemuda 26 tahun tersebut.

Di balik guyonan-guyonan receh yang sering dia unggah di media sosial, realitanya Kaesang mewarisi kehandalan jadi pengusaha ayahnya, persis seperti Gibran, kakaknya yang kini terjun di dunia politik. Jauh sebelum jadi bos klub sepak bola Persis Solo, Kaesang sudah jadi content creator, investor saham, dan menjalankan berbagai macam bisnis.

Dia sendiri pernah mengakui pamornya sebagai anak presiden membuatnya mudah untuk menjalankan berbagai macam usaha. Meski begitu, tanpa kemampuan manajemen yang bagus, nggak mungkin bisnis-bisnis itu bisa menguntungkan. Buktinya, bisnis olahan makanan Sang Pisang, misalnya, kini sudah bisa ditemukan di 25 kota di Indonesia. Setidaknya, lebih dari 1.500 pekerja mengelola total 73 outlet. Mantap jaya.

Bisnis makanan dan minuman lainnya seperti minuman olahan Ternakopi yang dia jalankan dengan kakaknya, Gibran. Ada juga brand Siap Mas yang memproduksi keripik dan minuman Ngedrink dan Kemripik yang bisa kamu temui di minimarket. Selain itu, ada aplikasi Madhang, semacam e-commerce bagi ibu-ibu yang hobi memasak dan ingin menjual makanannya. Yang nggak kalah terkenal, restoran Mangkok Ku yang dia kelola dengan Chef Arnold Poernomo.

Sang Pisang, salah satu bisnis Kaesang yang cukup berhasil. (ekonomi.djournalist)
Sang Pisang, salah satu bisnis Kaesang yang cukup berhasil. (ekonomi.djournalist)

Sejumlah bisnis Gibran yang nggak bisa fokus karena kini menjadi Wali Kota Solo seperti Chili Pari, Goola, dan Markobar kini juga sudah dikelola oleh Kaesang. Padahal, Kaesang juga punya bisnis lainnya seperti clothing line Sang Javas dan produk board game Hompimpa Games.

Dari semua bisnis yang dijalankan ini, bisa dibayangkan kan seberapa banyak pendapatan yang diperoleh Kaesang? Meski begitu, tetap saja jumlah uang yang dikeluarkan Kaesang untuk membeli saham dengan nilai puluhan milyar Rupiah tetap jadi pertanyaan.

Soal modal, mereka nggak bisa langsung berdiri sendiri. Contohlah, bisnis Mangkok Ku yang dikelola Kaesang, Chef Arnold, dan Gibran mendapatkan sokongan dana dari Alpha JWC Ventures dengan nilai Rp 28,3 miliar. Goola juga dikabarkan mendapatkan dana besar dari perusahaan yang sama. Satu hal yang pasti, angka-angka ini menunjukkan kalau bisnis yang mereka jalankan nggak main-main, ya Millens.

Kalau menurut laporan Tirto, pamor mereka sebagai anak presiden memang memudahkan mereka mendapatkan dukungan dan sokongan dana untuk menjalankan bisnis dari sejumlah konglomerat dan pebisnis kelas kakap di Indonesia. Kalau urusannya sudah begini, asalkan pengelolaan bisnis dilakukan dengan baik, wajar kalau gurita bisnis Kaesang menghasilkan keuntungan besar, deh. (Cnb,War,Tir/IB09/E05)