Gunung Tangkuban Parahu Kembali Dibuka Mulai Hari Ini

Gunung Tangkuban Parahu Kembali Dibuka Mulai Hari Ini
Pemandangan Kawah di Gunung Tangkupan Perahu. (Pinterest)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu kembali dibuka untuk wisatawan pascaerupsi beberapa hari lalu.

Inibaru.id – Mulai hari ini, Kamis (1/8/2019), Gunung Tangkuban Parahu kembali dibuka dan dinyatakan aman untuk wisatawan. Objek wisata di sekitar Gunung Tangkuban Perahu juga sudah kembali buka setelah sempat ditutup akibat erupsi. Beberapa objek wisata tersebut di antaranya Grafika Cikole, Jayagiri Resort, dan Puncak Geger Binatang.

Hal ini disampaikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Meski telah ada jaminan keamanan dan keselamatan bagi pengunjung, lelaki yang akrab disapa Emil itu mengajukan syarat khusus yang mesti dipenuhi pengelola wisata.

“Kamis sudah bisa dibuka dengan syarat yang pertama harus ada WhatsApp grup antara Muspida, kepala desa, dan pengelola radius lima kilometer sehingga kalau ada apa-apa jangan sampai tidak tahu atau malah tahu dari video viral di media sosial,” jelas Emil seperti yang disampaikan pada rapat koordinasi di Gedung Sate, Bandung, pada Selasa (30/7).

Syarat kedua yang perlu dilaksanakan pengelola yakni mereka harus memperbaiki rute evakuasi serta memasang papan atau poster jalur evakuasi di sejumlah titik. Penempatan poster ini diupayakan supaya mudah dilihat pengunjung.

Selain itu, Emil berjanji dirinya akan segera memperbaiki sejumlah titik TWA Gunung Tangkuban Perahu supaya lebih indah dan menarik sehingga pengunjung meningkat.

“Yang pasti akan segera diberbaiki. Cuma butuh imajinasi saja, nanti akan saya bantu,” pungkas Emil.

Wah ikut senang karena Gunung Tangkuban Perahu sudah dibuka lagi. Meski sudah dibuka, kamu yang hendak berlibur ke sana tetap waspada ya, Millens. (IB18/E04)