Aktivitas Vulkanik Terus Meningkat, Status Gunung Tangkuban Parahu Dinaikkan

Aktivitas Vulkanik Terus Meningkat, Status Gunung Tangkuban Parahu Dinaikkan
Status Gunung Tangkuban Parahu dinaikkan menjadi waspada. (Antara/Novrian Arbi)

PVMBG menaikkan status Gunung Tangkuban Parahu dari normal menjadi waspada. Peningkatan level ini dipicu aktivitas vulkanik gunung yang terus menunjukkan peningkatan.

Inibaru.id – Seiring meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status gunung tersebut. Semula, Gunung Tangkuban Parahu berada di level I (normal), kini menjadi level II (waspada). Peningkatan status ini diberlakukan mulai Jumat (2/8/2019).

"Hari ini, 2 Agustus 2019 mulai jam 8 pagi ini Gunung Tangkuban Parahu dinyatakan statusnya naik dari level 1 normal menjadi level 2 waspada karena peningkatan aktivitas," ujar Kepala PVMBG Kasbani dalam jumpa pers di Ruang Monitoring PVMBG, Kota Bandung, Jumat (2/8).

Menurut Kasbani, aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu mengalami peningkatan sejak Kamis (1/8) malam. Gunung ini kembali mengalami erupsi pada Kamis (1/8) pukul 20.46 WIB dengan tinggi kolom abu sekitar 180 meter dari dasar kawah. Lalu pada Jumat (2/8) dini hari erupsi terjadi kembali namun tinggi kolom abunya tak teramati.

“Setidaknya ada empat kali erupsi pada malam hari dan empat kali erupsi pada dini hari,” ujar Kasbani.

Atas peningkatan ini, pihak PVMBG mengimbau masyarakat untuk nggak mendekat dalam radius 1,5 km dari pusat kawah dan tetap tenang serta mengikuti arahan PVMBG.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pertama kali pada 26 Juli dengan meletupkan abu vulkanik setinggi 200 meter dari dasar kawah.

Untuk menjaga keselamatan, tetap tenang serta patuhi dan ikuti arahan dari PVMBG ya, Millens. (IB18/E04)