Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Keluarkan Abu Setinggi 200 Meter

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Keluarkan Abu Setinggi 200 Meter
Erupsi Gunung Tangkupan Perahu. (BNPB)

Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di Bandung, Jawa Barat mengalami erupsi pada Jumat (26/7) pukul 15.48 WIB. Abu vulkanik membumbung setinggi 200 meter.

Inibaru.id – Setelah menunjukkan peningkatan aktivitas, Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) pukul 15.48 WIB. Dikabarkan, Gunung Tangkuban Parahu mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 200 meter.

“Kolom abu teramati berintensitas tebal dan condong ke arah timur laut dan selatan,” terang Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Kasbani seperti ditulis laman Liputan6, Jumat (26/7).

Selain itu, Kasubbid Mitigasi Gunung Api (MGA) Wilayah Barat PVBMG Nia Haerani mengatakan abu vulkanik dari erupsi ini juga menyebar hingga empat kilometer ke wilayah sekitarnya.

“Terpantau abu vulkanik menyebar sampai Desa Jayagiri, sekitar empat kilometer arah selatan dari Kawah Ratu,” ungkap Nia.

Menurut petugas pemantau PVBMG Ilham Mardikaryanta, erupsi masih terus terjadi hingga pukul 16.15 WIB. Sementara itu, saat ini masih dilakukan evakuasi untuk pengunjung dan masyarakat sekitar.

“Evakuasi untuk pengunjung dan masyarakat yang ada di atas saat ini masih berlanjut,” ujar Ilham.

Diketahui, Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di Bandung, Jawa Barat tersebut kembali menujukkan aktivitas vulkaniknya sejak Senin (22/7) dengan visual gunung api yang tampak jelas menurut pihak PVBMG.

PVBMG menginformasikan, asap di kawah utama bertekanan lemah hingga sedang dan berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal. Hasil rekaman seismogram PVBMG menunjukkan terjadi 425 kali gempa Hembusan, 2 kali gempa Tremor Harmonik, 3 kali gempa Low Frequency, 3 kali gempa Vulkanin Dalam, dan 3 kali gempa Tektonik Jauh.

Semoga nggak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan stay save untuk sobat Millens di sekitar Gunung Tangkuban Parahu. (IB18/E04)