Lagi, Gunung Merapi Embuskan Awan Panas

Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas pada Selasa (12/3/2019) pukul 04.56 WIB. Meski demikian, luncuran tersebut masih dalam jarak aman berdasarkan pantauan BPPTKG Yogyakarta.

Lagi, Gunung Merapi Embuskan Awan Panas
Gunung Merapi dilihat dari objek wisata Kali Talang Klaten (19/12/8). (Antara Foto/ Aloysius Jarot Nugroho)

Inibaru.id –Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas pada Selasa (12/3/2019) pukul 04.56 WIB. Hal ini disampaikan langsung Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida.

Selama periode aktivitas 12 Maret 2019 pukul 00.00 WIB–06.00 WIB, Gunung Merapi tercatat hanya menghembuskan awan panas sebanyak satu kali.

Dalam catatan BPPTKG Yogyakarta, luncuran awan panas terjadi selama 150 detik dengan jarak luncur 1500 m. Arah hembusan menuju ke hulu Kali Gendol. Meski begitu, luncuran awan panas itu masih dalam jarak aman menurut BPPTKG Yogyakarta.

Kubah lava Gunung Merapi. (Antara Foto/ Aloysius Jarot Nugroho)

“Awan panas masih dalam jarak aman rekomendasi. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang,” kata Hanik Humaida pada Kompas.com Selasa (12/3/2019).

Kendati masih berstatus waspada (level 2), Hanik mengimbau agar kegiatan pendakian Gunung Merapi dihentikan sementara, kecuali untuk kepentingan penelitian dan penyidikan dalam upaya mitigasi bencana.

Selain itu, warga juga diimbau agar tidak beraktivitas dalam radius 3 km dari puncak Gunung Merapi. Semoga warga yang tinggal di sekitar Gunung Merapi tetap terlindungi ya, Millens. (IB10/E04)